Halo, ketemu lagi di sini. Setelah Anda membaca bagian Program Menu Makanan Bahasa C++, ini penjelasan Cara Kerja Program Menu Makanan Dalam Bahasa C++. Buat Anda yang belum mendapatkan program dan source silahkan download di halaman Program Menu Makanan Bahasa C++, Download Gratis.

Di dalam kode pemrograman sudah di sisipkan komentar berupa nomor. Anda bisa membaca penjelasan cara kerja program berdasarkan nomor yang telah di sisipkan.

Cara kerja program menu makanan dalam bahasa C++

Penjelasan program ini mengacu pada source code program. Anda harus mengacu pada nomor di dalam program, untuk membaca penjelasan

Bagian 1 – Persiapan memulai program

Bagian pertama kita akan melakukan loading module/library, seperti: iostream dan string. Kemudian menggunakan namespace std agar memungkinkan kita menggunakan perintah cout dan cin.

C++ tidak mempunyai perintah clrscr() seperti di dalam bahasa C. Jadi kita akan membuat fungsi clear_screen sendiri. Saya sendiri tidak pernah menggunakan linux dan unix jadi saya tidak bisa menjamin fungsi ini akan berjalan di linux atau unix. Kalau di windows fungsi ini sudah ditesting berjalan normal.

Bagian 2 – Awal program

Pada awal program kita akan mendeklarasi semua variable beserta tipe datanya yang akan digunakan di dalam program. Grand Total di set pada angka nol agar siap menampung semua nilai penjualan yang sudah terjadi.

Bagian 2A – Awal program

Program utama mulai di sini. Program ini menggunakan Do untuk mengulang pencetakan layar dan prosedur input. Hingga pengguna menyelesaikan transaksinya. Perulangan ini akan berlangsung hingga tanda 2A di bagian akhir.

Bagian 3 – Menu makanan

Pada bagian ini kita akan mencetak menu makanan dan diawali dengan clear_screen() untuk membersihkan layar. Bila layar tidak dibersihkan akan terasa program seperti berjalan di dalam DOS. Ketika layar dibersihkan akan terasa program berjalan seperti program penjualan di tempat swalayan. Ini hanya kesannya yang mirip ya. Pada bagian bawah juga menampilkan jumlah nilai belanja yang sudah dilakukan. Hal ini juga digunakan untuk mendukung tampilan seperti program penjualan.

Bagian 4 – Transaksi dimulai

Pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor menu, nomor yang dimasukkan akan digunakan untuk setting nilai name dan price. Kalau nomor tidak terdaftar maka akan disuruh masukkan kembali hingga nomor benar.

Bagian 5 – Jumlah barang

Pada saat ini pengguna akan diminta untuk memasukkan jumlah barang atau pesanan dan disimpan ke dalam variabel qty. Minimal angka yang dimasukkan adalah 0. Bila kurang dari 0, maka program akan meminta untuk memasukkan kembali jumlah barang.

Bagian 6 – Lanjutkan perhitungan

Jumlah barang lebih dari 0 maka proses perhitungan biaya dilanjutkan ke bagian 7 dan 8. Bila jumlah barang 0 maka perhitungan akan dilewatkan

Bagian 7 – Perhitungan barang

Di sini program akan mengalikan harga barang dengan jumlah barang. Kemudian program akan mencetak rincian perhitungan dan totalnya.

Bagian 8 – Akumulasi total belanja

Nilai transaksi yang baru terjadi akan diakumulasikan ke dalam grand total dan kemudian dicetak.

Bagian 9 – Masih ingin berbelanja?

Program akan menanyakan apakah masih ada barang belanjaan yang belum dihitung. Program akan meminta untuk memasukkan huruf Y atau T baik huruf besar atau kecil.

Bagian 10 – Lanjut terus, belanja lagi

Ketika program mendeteksi huruf “Y” atau “y”, Program akan mengupdate nilai passed menjadi trus untuk melanjutkan loop do..while bagian 2A.

Bagian 11 – Berhenti belanja

Bila pengguna memasukkan huruf “T” atau “t”, program akan berlanjut ke bagian pembayaran. Pada akhir bagian ini program juga akan mengupdate passed menjadi false untuk menghentikan bagian 2A. Bagian pembayaran akan dilanjutkan ke bagian 12

Bagian 12 – Pembayaran

Pada awal memasukkan pembayaran, program akan mendeteksi apakah ada biaya yang perlu dibayar. Bila tidak bagian ini akan dilewatkan.

Bila ada nilai yang perlu dibayar maka program akan berlanjut untuk mencetak total belanja dan meminta sejumlah pembayaran dari pelanggan. Program juga akan mendeteksi jumlah pembayaran, bila jumlah pembayaran tidak mencukupi maka program akan kembali meminta memasukkan jumlah pembayaran hingga jumlah pembayaran mencukupi untuk menutup transaksi.

Bila pembayaran berlebih maka program akan mencetak nilai uang kembalian kepada pelanggan.

Bagian 13 – Program berakhir

Kini program sudah berakhir dan mencetak kalimat terima kasih..

Ok. Sampai di sini programnya. Lain kali saya akan coba berikan tutorial yang lebih menantang. Tapi saya harus belajar dulu Hahahah..