Seseorang yang baru mulai bekerja tentu belum menerima gaji. Mereka perlu bekerja terlebih dahulu selama sebulan, kemudian barulah meraka menerima gaji pertama mereka. Jumlah uang yang diterima atas gaji yang didapatkan oleh karyawan baru biasanya belum sebesar gaji karyawan lama. Karyawan baru perlu berhemat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Artikel ini khusus pekerja awam mengenai cara hidup hemat bagi orang yang baru bekerja.

Karyawan baru memiliki beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dan mendesak, seperti: tempat tinggal, biaya transport, biaya makan dan lain sebagainya. Untuk sementara waktu karyawan baru hanya bisa bergantung dari tabungan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum mereka mendapat gaji.

Cara hidup hemat bagi orang yang baru bekerja

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh karyawan baru untuk menghemat uang. Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sederhana dan pengendalian diri. Kedua hal ini akan membantu karyawan baru dalam menghindari hutang. Hutang hanya jawaban sementara karena kita tahu bahwa cara penyelesaiannya adalah dengan cara membayar hutang. Jadi hutang bukan solusi untuk penyelesaian masalah. Berikut ini adalah beberapa cara hidup hemat yang dapat dilakukan oleh orang yang baru menginjakkan kaki di dunia kerja, di antaranya:

Cari tempat tinggal atau kost dengan biaya kost yang tidak mahal

Tempat tinggal atau tempat kost yang kita butuhkan dengan uang seadanya tentunya tidak bisa senyaman yang kita harapkan. Carilah tempat tinggal atau kost yang memiliki ruangan kamar yang dapat kita gunakan untuk beristirahat, aman, memiliki fasilitas air yang lancar, cukup nyaman untuk ditempati dan sesuai budget kita. Lokasi kost yang dekat dengan tempat kerja akan memudahkan perjalanan dan menghemat biaya perjalanan menuju dan pulang dari kantor.

Rutin menjalankan puasa menyehatkan tubuh sekaligus menghemat uang

Rutin menjalankan puasa tentu akan menghemat uang. Selain itu, bentuk dan berat tubuh menjadi lebih ideal dan sehat. Puasa yang dapat kita lakukan, di antaranya: puasa setiap senin dan kamis atau puasa setiap dua hari, puasa OCD setiap 16 jam sekali, 18 jam sekali atau 20 jam sekali. Diet yang dikenal dengan diet ala Deddy Corbuzier ini masih memperbolehkan kita untuk minum air yang tidak mengandung kalori selama puasa berlangsung. Waktu makan yang diperbolehkan adalah setiap 8 jam, 6 jam atau setiap empat jam. Kita dapat memilih jenis puasa yang lebih cocok bagi tubuh kita.

Belanja besar sebulan sekali menghindarkan kita dari belanja hal yang tidak diperlukan

Sebelum kita berbelanja bulanan sebaiknya kita mencatat semua kebutuhan bulanan yang perlu dibeli. Di saat belanja, beli barang belanjaan sesuai catatan yang telah kita buat sebelumnya dan hindari membeli barang yang tidak diperlukan.

Makan terlebih dahulu agar tidak jajan di luar rumah

Perut yang kenyang akan menghindarkan kita dari jajan di luar rumah. Jajan di luar rumah seperti di mal atau resto tentu harganya akan berkali lipat lebih mahal dan lebih boros dibandingkan kita makan di rumah. Dengan menyiasati makan dulu sebelum bepergian akan menghindarkan kita mengeluarkan uang untuk makan pada saat berada di luar rumah atau pada saat berbelanja kebutuhan bulanan.

Jangan sering-sering ambil uang di ATM

Dengan sering mengambil uang di ATM akan membuat kita tergiur membeli barang yang tidak perlu, seperti: makanan, minuman, pakaian dan lain sebagainya. Bila kita membelanjakan uang untuk barang atau makanan, tentu jumlah uang yang kita miliki akan berkurang. Pada akhirnya kita tidak bisa berhemat dan pengeluaran menjadi membengkak.

Jalan kaki, naik angkutan umum atau sepeda

Jangan memanjakan diri dengan naik taxi atau ojek. Kedua jenis angkutan tersebut akan menguras isi kantong. Bila jarak yang ditempuh cukup dekat, biasakan berjalan kaki. Berjalan kaki lebih sehat tubuh bila dilakukan secara rutin. Bila jarak yang ditempuh cukup jauh kita bisa menggunakan kendaraan umum atau sepeda untuk menghemat uang.

Belanja di tempat yang murah dan terjangkau

Kita dapat memanfaatkan promo discount di pasar swalayan untuk memperoleh barang atau makanan dengan biaya yang lebih murah. Kita perlu mengecek tanggal kadaluarsa dari makanan yang akan kita beli untuk menghindarkan makanan terbuang percuma bila kita ingin membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Batasi pergaulan dengan orang yang sering menghambur-hamburkan uang

Bila kita berteman dengan orang yang sering menghambur-hamburkan uang akan membuat kita kesulitan dalam berhemat. Kita akan terpengaruh dengan gaya hidup teman dan kita akan berusaha mengikuti kebiasaan mereka. Hal ini tentu tidak akan berdampak baik bagi keuangan kita dan menimbulkan hutang yang menumpuk.

Buat anggaran bulanan untuk mengevaluasi pengeluaran

Anggaran bulanan akan membantu kita dalam mengevalusi pengeluaran apa saja yang biasa kita lakukan. Kita dapat melihat pengeluaran mana yang sebenarnya tidak begitu diperlukan dan akan kita hindarkan pada bulan berikutnya untuk melakukan penghematan.

Makan di kondangan atau acara teman kantor

Bila kita diajak oleh teman untuk menemaninya ke kondangan atau acara teman kantor. Kita bisa makan gratis dan enak tentunya. Acara ini biasanya hanya sesekali dan tidak sering namun dapat menghemat uang makan. Kita perlu memanfaatkan momen ini untuk menghemat uang dan berteman.

Disamping hal-hal yang sudah kami jelaskan di atas, cara menghemat uang yang efektif dalam kehidupan sehari-hari bagi orang yang baru bekerja adalah diperlukan tekad yang kuat dan berdisiplin. Tekad untuk berhemat dan disiplin adalah kunci kesuksesan yang sangat dominan guna menghemat uang. Apabila kita hanya bertekad untuk berhemat dan tidak berdisiplin maka semua usahan akan menjadi sia-sia. Alih-alih akan membuat besar pasak daripada tiang. Kita perlu ingat bahwa segala sesuatu memerlukan uang dan kita bekerja dengan menukarkan waktu dan tenaga kita demi uang gaji. Sebaiknya kita dapat menyisihkan sebagian gaji untuk menabung.

Baca juga mengenai:

Uang Atau Waktu, Mana yang lebih penting?

Cara Hidup Hemat Di Kehidupan Perkotaan