Sekarang ini hampir semua orang mengenal google karena hingga kini google telah menjadi sebuah perusahaan raksasa yang mampu menembus ke hampir semua lapisan masyarakat di dunia. Pada awalnya google menembus pasar dunia menggunakan layanan mesin pencari, untuk mempermudah pengguna internet mencari informasi di dalam website lain. Sekarang ini sekitar 90% masyarakat di dunia menggunakan mesin pencari tersebut untuk mencari informasi. Tidak hanya sampai di sana, google juga menciptakan sebuah sistem operasi yang kini dioperasikan pada perangkat smartphone, gadget, komputer tablet, beberapa jenis televisi dan sebagian perangkat komputer PC atau laptop. Sistem operasi ini bersifat open source dan bebas untuk diaplikasikan oleh pengembang perangkat sehingga hal ini mempercepat penyebaran penggunaan sistem operasi yang dinamakan Android. Kedua jenis produk atau layanan gratis kini telah dikenal luas, tapi bagaimana dengan cara Google mendapatkan penghasilan?

Google juga tidak tinggal diam hanya menyediakan produk dan layanan gratis. Setiap kita menggunakan produk Google, kita telah menambahkan penghasilan untuk google. Hal ini memang membingungkan masyarakat yang tidak mengenal lebih jauh mengenai Google dan cara Google mendapatkan penghasilan. Sebenarnya google sendiri memiliki beberapa produk lain untuk mendapatkan penghasilan, namun hal ini yang tidak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Google membangun sebuah jembatan antara pengiklan dan penerbit iklan melalui Google Adwords, Google Adsense dan Google Admob.

Tanpa kita sadari google menerbitkan iklan di hampir setiap layanan yang diberikan. Namun kehadiran iklan tersebut hampir tidak mengganggu penggunaan produk dan layanannya. Hal itu yang menyebabkan kita tidak menyadarinya. Bila kita teliti kita sering menjumpai tampilan iklan di dalam mesin pencari google, website yang menampilan iklan oleh google, iklan yang muncul di dalam aplikasi android, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah produk atau program yang membantu google mencari penghasilan:

Google Adwords
Setiap perusahaan atau usaha berusaha memperkenalkan layanan mereka melalui: media cetak, televisi, radio dan kini periklanan online. Google telah membidik pasar online sejak awal. Google telah menjulurkan tangannya untuk merangkul dunia melalui program mesin pencari dan sistem Android untuk menayangkan iklan. Google menerima iklan dari masyarakat dunia untuk ditampilkan di dalam jaringan periklanan mereka melalui program Google Adwords. Bila Anda ingin menampilkan iklan Anda di dalam jaringan periklanan Google, Anda dapat mendaftarkan diri di program Google Adwords.

Google Adwords menawarkan cara menampilkan iklan dengan unik dan rapi. Anda harus memiliki sebuat website atau halaman untuk diiklankan. Google Adwords menawarkan beberapa jenis pengaturan terhadap iklan yang ditampilkan mulai dari ukuran iklan, target pasar, manajemen biaya periklanan dan lain sebagainya. Google adword adalah salah satu cara google mendapatkan penghasilan. Google akan menarik biaya dari setiap iklan yang tampil dan iklan yang diklik oleh pengguna layanan.

Google Adsense
Google menyadari bahwa tangannya tidak cukup panjang untuk merangkul dunia. Akhirnya Google meluncurkan program periklanan yand diberi nama Google Adsense. Program periklanan ini bukan menerima iklan dari pihak lain, melainkan menawarkan iklan kepada pihak penerbit iklan. Bila Anda memiliki sebuah blog atau website yang berisi informasi cukup banyak. Anda dapat menerbitkan iklan dari jaringan iklan Google. Tentunya penerbit iklan akan dibayar sesuai dengan jumlah iklan yang diterbitkan dan sesuai dengan kualitas informasi yang disajikan pada website penerbit iklan.

Google berbagi hasil untuk setiap iklan yang diterbitkan dengan penerbit iklan. Google menawarkan pembagian hasil sebesar 68% dari nilai iklan ditampilkan langsung di atas website dan 51% untuk iklan yang ditampilkan menggunakan fasilitas pencarian Google di atas website penerbit iklan. Program yang ditawarkan Google ini cukup menarik perhatian pemilik website atau blog untuk memasangkan iklan Google. Bila Anda berencana untuk menjadi seorang blogger, Google Adsense perlu Anda pertimbangkan.

Google Admob
Pengguna perangkat Android semakin banyak yang kini mengundang pembuat aplikasi yang semakin meramaikan pasar. Google juga menawarkan penerbitan iklan kepada pembuat aplikasi basis Android melalui program yang diberi Google Admob. Pengembang aplikasi Android dapat menerbitkan iklan Google untuk ditampilkan kepada pengguna aplikasi mereka. Google juga menawarkan pembagian hasil untuk setiap iklan yang ditampilkan melalui aplikasi mereka.

Google Playstore
Pembuat aplikasi Android dapat menjual aplikasi hasil karya mereka di Google Playstore. Google akan menarik sejumlah biaya dari hasil penjualan aplikasi melalui Google Playstore. Semakin banyak aplikasi yang terjual di google Playstore akan menambahkan keuntungan kepada Google. Bila Anda berminat untuk menjual aplikasi Android, Anda tentunya harus memanfaatkan Google Playstore. Google akan mendistribusikan aplikasi Anda kepada seluruh pengguna Android di seluruh dunia.

Blogspot
Blogspot merupakan layanan pembuatan blog instan dan dapat digunakan secara gratis oleh pengguna internet di seluruh dunia. Blogspot merupakan produk google yang tidak berhubungan secara langsung dengan pendapatan iklan. Namun di dalam halaman administrasi, Google menawarkan kesempatan kepada pemilik blog di Blogspot untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Google menawarkanĀ  penerbitan iklan di dalam blog yang mereka bangun di blogspot yang dihubungkan dengan Google Adsense.

Youtube
Youtube merupakan layanan google sebagai arena streaming video gratis di internet. Kini youtube menjadi tempat nonton video terbesar. Setiap orang dapat mengirimkan video yang mereka rekam atau buat untuk disebarkan ke setiap pengguna Youtube. Youtube juga menawarkan kesempatan kepada pemilik video untuk menayangkan iklan Google untuk mendapatkan penghasilan melalui video mereka.

Beginilah cara Google mendapatkan penghasilan namun akan ada program baru dari Google yang lebih menarik untuk meraup penghasilan. Kami harap setelah Anda mengetahui cara Google mendapatkan penghasilan akan hadir juga ide bisnis intelektual dari Anda.