Notepad++ merupakan program editor untuk menggantikan Notepad yang terdapat pada Microsoft Windows. Notepad++ telah banyak digunakan oleh programmer handal untuk menuliskan program dan mengedit suatu file. Notepad++ dapat didownload secara gratis tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Bila Anda pemula yang ingin belajar pemrograman, Anda disarankan mencoba menggunakan Notepad++. Notepad++ memberikan fasilitas yang dikhususkan untuk menuliskan kode program. Berbagai bahasa pemrograman telah didukung bahkan dapat dikatakan dari bahasa pemrograman A hingga Z.

Cara download dan instal Notepad ++ Plus Plus di komputer Anda

Melalui tutorial singkat ini, Kami akan mencoba menjelaskan cara download dan instal notepad ++(plus plus) ke dalam komputer Anda. Proses download dan instalasi cukup mudah, Anda dapat mengikuti setiap langkah yang Kami jelaskan berikut ini.

 

Cara download Notepad ++ Plus Plus melalui website resmi

Silahkan download Notepad++ dari website resmi. Pastikan Anda memperoleh Notepad++ dari website resmi untuk menghindari komputer Anda terinfeksi oleh malware atau virus.

 

download notepad++

Notepad++ menyediakan berbagai pilihan packaging untuk didownload. Pilihlah “Notepad++ Installer” dan simpan ke dalam komputer Anda. Setelah Anda selesai download, silahkan lanjutkan ke langkah berikut untuk menginstal Notepad++ ke dalam komputer Anda.

Cara Instal Notepad ++ Plus Plus Pada Komputer

Silahkan ikuti langkah berikut ini untuk menginstal Notepad++:
1. Jalankan file yang telah Anda download.
2. Bila muncul kotak “Open File – Security Warning”, pilih “Run”
3. Setelah itu akan muncul kotak pilihan bahasa seperti di bawah ini:

 

cara install notepad++ - Pilih Bahasa

 

Gunakan pilihan “English” dan klik tombol “OK”.
Pilihan bahasa di sini tidak mempengaruhi bahasa di dalam program Notepad++.

4. Selanjutnya program instalasi mulai berjalan dan muncul kotak welcome.

 

Cara Install Notepad++ - Welcome

 

Klik tombol “Next” untuk melanjutkan

5. Kemudian akan ditunjukkan halaman persetujuan(agreement) tentang syarat penggunaan program. Anda dapat membaca persetujuan tersebut dengan seksama namun syarat penggunaan program tertulis dalam bahasa inggris.

 

Cara Install Notepad++ - Persetujuan syarat dan ketentuan

Klik tombol “Next” untuk melanjutkan

6. Anda kemudian akan ditanya mengenai lokasi untuk menginstal program Notepad++. Anda bisa mengatur tempat lain untuk menyimpan file program Notepad++. Anda juga bisa mengabaikan pengaturan ini bila Anda ingin menggunakan lokasi biasa untuk menyimpannya.

 

Cara Instal Notepad++ - Pilih Lokasi Instalasi

Klik tombol “Next” untuk melanjutkan

7. Selanjutnya, Anda dapat memilih fitur apa saja yang perlu diinstal beserta program Notepad++. Anda bisa memilih fitur dengan menambah atau menghapus ceklis pada daftar fitur yang ditampilkan.

 

Cara Instal Notepad++ - Pilih Komponen

Pada awalnya Notepad++ telah menyertakan pengaturan awal mengenai fitur yang akan diinstalkan. Anda bisa membiarkan pengaturan tersebut berdasarkan standar dari Notepad++. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.

8. Pengaturan instalasi Notepad++. Anda akan dihadapkan pengaturan bagaimana Notepad++ terinstal ke dalam komputer Anda. Anda diberikan 4 buah pengaturan, di mana pengaturan berupa ceklis.

 

Cara Instal Notepad++ - Pengaturan Instalasi

Ceklis ke 1 – Bila Notepad++ diinstal ke USB Flashdisk
Ceklis ke 2 – Bila Anda ingin menginstal plugin ke folder application data yang terpisah dari folder di mana Notepad++ terinstal
Ceklis ke 3 – Bila Anda ingin menempak shortcut Notepad++ di desktop
Ceklis ke 4 – Untuk menggunakan icon Notepad++ versi lama

Klik tombol “Install” untuk mengeksekusi proses instalasi

9. Proses Instalasi program Notepad++ telah selesai.

 

Cara Install Notepad++ - Selesai

Ceklis “Run Notepad++” untuk memulai program Notepad++ setelah proses instalasi diakhiri.

Klik tombol “Finish” untuk mengakhiri proses instalasi

Selamat Anda telah berhasil menginstal program Notepad++ ke dalam komputer Anda. Anda dapat memulai program Notepad++ melalui shortcut di desktop atau melalui menu program di tombol start pada Windows.