Toko Kelontong atau warung sembako adalah bisnis yang merakyat yang sudah berjalan dari dulu hingga sekarang. Bisnis ini sangat diminati oleh masyarakat karena permintaan sembako tidak pernah berhenti. Hal ini dikarenakan hampir setiap produk yang dijual di dalam toko tersebut merupakan kebutuhan pokok setiap rumah tangga. Toko kelontong cukup mudah dijalankan dan tidak membutuhkan lokasi yang khusus bahkan bisnis ini dapat dijalankan dengan memanfaatkan halaman rumah atau garasi. Berminat untuk membuka toko kelontong atau warung sembako? Ini dia cara buka toko kelontong atau Warung Sembako.

Cara buka toko kelontong atau warung sembako

Dalam hal memulai sebuah usaha kita perlu membuat sebuah rencana dan memperhitungkan semua biaya yang akan timbul. Perhitungan dan perencanaan matang harus dilakukan agar proses pendirian usaha menjadi lebih lancar.

Lokasi pembukaan toko kelontong atau warung sembako

Salah satu persyaratan utama untuk membuka toko kelontong atau warung sembako adalah lokasi. Lokasi yang digunakan harus mudah dijangkau oleh masyarakat setempat. Kita dapat memanfaatkan halaman rumah atau garasi kita yang kosong. Namun, lokasi untuk menjalankan bisnis tidak selalu harus menggunakan lokasi di depan rumah. Kita bisa mencari sebuah lokasi baru untuk menjalankan bisnis ini.

Perijinan penggunaan bangunan dan surat ijin usaha

Perijinan merupakan salah satu hal yang sering tidak diperhatikan oleh masyarakat kita. Perijinan merupakan salah satu elemen penting pada saat membangun usaha. Penggunaan rumah sebagai tempat usaha juga diharuskan untuk mengurus perijinannya ke kantor kecamatan setempat.

Pembangunan dan perencanaan ruangan toko

Sebelum pembangunan dilakukan sebaiknya kita memperhitungkan tata letak rak di dalam toko nantinya. Kita harus menyesuaikan antara ukuran ruangan dan rak barang. Setelah perencanaan selesai barulah kita melanjutkan ke tahap pembangunan.

Bila lokasi yang disewa atau dibeli ternyata sudah mempunyai bangunan, alangkah baiknya bangunan hanya direnovasi agar tidak membutuhkan banyak biaya yang dikeluarkan. Namun, ruangan yang tidak cocok perlu dirombak pada saat awal pembangunan agar ruangan tidak perlu dirombak ulang ketika usaha sudah berjalan. Namun, semua pembangunan toko harus disesuaikan dengan anggaran.

Toko harus dicat dengan warna yang terang dan muda agar toko terlihat cerah dan bersih. Warna terang dan cerah memberikan pandangan yang bersih terhadap toko. Jangan lupa pasang lampu penerangan yang memadai agar mendukung penampilan toko.

Tata letak barang di dalam toko

Sesudah interior toko dipersiapkan, sekarang saatnya mengatur tata letak di dalam toko. Tata letak yang baik di dalam toko juga berpengaruh pada pelaksanaan usaha. Barang harus diletakkan pada daerah yang mudah dilihat dan dijangkau.

Barang sebaiknya tidak diletakkan secara bertumpuk karena hal ini akan mengakibatkan barang susah diambil pada saat mau dijual. Selain itu ada beberapa barang yang tidak terlihat oleh mata bisa mengakibatkan barang tersebut menjadi tidak terjual.

Pergunakan rak untuk menyusun barang. Barang dikelompokkan berdasarkan kegunaannya agar lebih memudahkan pencarian barang di dalam toko.

Pengisian barang untuk dijual

Pengisian barang untuk dijual pada saat awal usaha baru dimulai sebaiknya tidak memasukkan barang dalam jumlah banyak. Kita perlu membelanjakan beberapa jenis barang yang kira-kira diminati oleh pelanggan. Pada saat awal berbelanja kita harus memprioritaskan jumlah jenis barang dibandingkan jumlah kuantitas barang sejenis.

Anda bisa mendatangi supplier di kota Anda untuk meminta daftar harga barang. Sebaiknya kita mencari beberapa supplier barang dan membandingkan perbedaan harga yang diberikan. Anda juga perlu membandingkan harga jual barang di pasaran. Anda bisa memperkirakan pendapatan yang didapatkan dengan berjualan barang tersebut. Anda dapat membandingkan harga barang antara beberapa supplier dan memutuskan untuk berbelanja pada supplier yang lebih menguntungkan.

Pada saat berbelanja atau pada saat menerima barang yang dikirimkan, Anda harus cek tanggal expire pada produk. Anda pasti tidak mau membeli barang yang nantinya membuat Anda tidak bisa menjualnya kembali.

Bila Anda tidak mengenal supplier setempat, Anda bisa menempelkan secarik kertas di depan toko yang menunjukkan Anda mencari supplier bahan jualan di toko. Banyak marketer yang akan mendatangi toko Anda untuk menawarkan barang nantinya.

Mulai Berjualan

Mulailah berjualan walaupun stok di toko Anda belum lengkap. Pada saat awal memulai usaha Anda pasti melupakan jenis barang yang wajib Anda belanjakan. Anda bisa mencatat barang yang wajib Anda adakan di dalam toko. Sedikit demi sedikit, Anda bisa melengkapi barang di dalam toko.

Barang yang banyak dicari oleh pelanggan wajib dibelanjakan dalam jumlah lebih banyak pada kesempatan belanja barang berikutnya. Beberapa barang yang tidak terlalu laku bisa Anda kurangi jumlah stoknya agar Anda tidak terlalu menumpuk modal pada barang yang kurang menghasilkan.

Jangan memulai pertempuran dengan toko lain melalui cara banting harga. Anda bisa sesekali memberikan diskon atau promo tapi Anda harus membatasi waktu promo atau jumlah pembelian. Hal ini dilakukan agar tidak memicu perang harga.