Kerajinan tangan terkadang agak susah dijual karena keterbatasan permintaan pasar lokal. Kerajinan tangan juga susah dipasarkan secara luas menggunakan cara tradisional karena terbatas oleh kemampuan produksi. Produk kerajinan tangan pada umumnya masih diproduksi dalam skala perumahan.

Produk kerajinan tangan sebenarnya mempunyai nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Kebanyakan pengrajin bisa memproduksi kerajinan yang berkualitas namun mereka tidak mampu memasarkan produknya. Kini teknologi berjualan online telah hadir di tengah masyarakat dan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara online. Berikut ini adalah cara berjualan kerajinan tangan secara online:

Domain
Untuk berjualan online, Anda disarankan mengamankan sebuah nama domain sebagai alamat show case produk atau toko online Anda nantinya. Nama domain yang baik biasanya didaftarkan oleh pihak tertentu untuk dijual dengan harga lebih tinggi. Anda sebaiknya mencari dan mendaftarkan sebuah nama domain untuk digunakan sebagai alamat website Anda. Pendaftaran sebuah nama domain tentunya memerlukan biaya pendaftaran yang dibayarkan setiap tahun. Domain tidak diperlukan bila Anda tidak memiliki rencana untuk memiliki sebuah website.

Nama Penjual
Anda perlu menemukan sebuah nama penjual yang cocok dengan usaha Anda. Bila Anda telah memiliki sebuah domain untuk website Anda. Anda bisa menggunakan nama domain tersebut sebagai nama penjual Anda. Anda disarankan menggunakan nama penjual yang sama di semua sarana penjualan online.

Foto
Foto produk Anda wajib Anda ambil menggunakan kamera yang kualitasnya memadai. Hasil tampilan foto sangat menentukan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Anda dapat mengambil foto produk Anda dari beberapa sisi. Anda juga dapat menambahkan beberapa hiasan seperti bunga, cangkir, pensil dan lain sebagainya sebagai pemanis di dalam foto. Konsumen sering kali menanyakan tentang ukuran produk Anda. Pada salah satu foto produk Anda, Anda dapat menambahkan sebuah penggaris atau alat pengukur di samping produk Anda agar dapat membantu konsumen membayangkan ukuran produk Anda.

Market Place
Kini hadir berbagai tempat berjualan online yang diberi nama marketplace(pasar), seperti: bukalapak.com, lazada.com, tokopedia.com, rakuten.com, elenenia.com dan lain sebagainya. Anda dapat membuat sebuah akun dengan nama penjual yang telah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa mulai berjualan melalui akun di marketplace. Anda wajib menjual produk Anda di lebih dari satu marketplace untuk memperbesar kemungkinan terjualnya produk Anda. Semakin banyak marketplace yang Anda jangkau akan semakin banyak Anda menjaring calon konsumen Anda.

Aplikasi Chatting
Kini hampir semua orang memiliki smartphone dan telah terinstal aplikasi chatting. Anda juga wajib menggunakan aplikasi chatting yang marak digunakan, seperti: whatsapp, line, bbm, wechat dan lain sebagainya. Anda dapat memasarkan produk Anda melalui aplikasi chatting yang telah Anda install. Teman Anda yang tergabung di dalam group chatting Anda akan menerima informasi mengenai produk Anda. Mereka bahkan dapat mereferensikan produk Anda kepada kerabat atau keluarga mereka. Hal ini akan memperbesar jaringan pemasaran Anda.

Website
Membuat dan merawat website merupakan suatu hal yang tidak mudah dilakukan. Sebagian besar orang enggan untuk memiliki sebuah website karena biaya operasional yang besar dan membutuhkan biaya marketing yang besar. Namun alamat sebuah website yang menggunakan sebuah domain adalah unik sehingga Anda sendiri yang memiliki domain tunggal tersebut. Anda dapat menggunakannya sebagai identitas produk atau identitas usaha Anda. Website dapat ditunda pembuatannya hingga Anda yakin mampu mengoperasikannya.

Sebuah website membutuhkan biaya marketing yang cukup besar untuk membuatnya menjadi ramai. Namun Anda dapat memanfaatkan jaringan marketplace dan aplikasi chatting untuk memperkenalkan website Anda ketika Anda berjualan. Pelanggan Anda mungkin saja menghafal nama website Anda dan bertransaksi langsung ke website Anda pada transaksi selanjutnya. Pelanggan Anda yang puas dengan produk dan pelayanan Anda juga berkemungkinan akan memperkenalkan website Anda kepada teman atau kerabat mereka.