Pemrograman merupakan sebuah ilmu yang dianggap susah untuk dipelajari oleh sebagian orang. Pemrograman alias coding selama ini dianggap susah karena cara penulisan kode menggunakan bahasa inggris. Bila ditinjau dari kemampuan berbahasa inggris, sebagian besar orang yang baru belajar pemrograman tidak menguasai bahasa inggris. Hal ini menjadi sebuah hambatan tersendiri bagi orang-orang yang baru belajar pemrograman.

Pemrograman bukan suatu hal yang susah dipelajari hanya saja pemrograman merupakan sebuah hal asing bagi orang awam. Bahasa pemrograman tidak digunakan secara umum di dalam masyarakat sehingga hal ini terlihat sulit. Pemrograman akan terlihat sulit apabila kita melihat sebuah contoh program yang telah jadi dan sangat kompleks. Sebenarnya pemrograman tidak sulit bila kita telah mengerti dasar-dasar pemrograman. Berikut ini adalah pedoman cara belajar pemrograman:

Bahasa Inggris
Semua bahasa pemrograman memang ditulis dalam bahasa inggris namun kita tidak perlu mahir untuk menguasai bahasa inggris. Hal ini dikarenakan bahasa inggris yang diterapkan di dalam pemrograman cukup minim. Kita hanya perlu mengerti kata-kata inggris yang terhubung langsung dengan kode pemrograman. Hal ini akan membuat kita lebih mudah untuk mengerti cara melakukan pemrograman.

Kalimat
Setiap bahasa pemrograman mempunyai tata cara pemrograman tersendiri. Kita harus mengetahui tata cara dasar untuk menulis kode di dalam bahasa pemrograman tersebut. Hal ini diperlukan agar kita dapat menghindari dan memperbaiki kesalahan penulisan kode.

Variabel Dan Tipe Data
Setiap bahasa pemrograman mempunyai variable dan tipe data. Kita wajib mengetahuinya agar kita mengerti bagaimana cara menyimpan suatu data dan cara menghubungkan data tersebut di dalam program yang akan kita buat.

Error
Setiap programmer pasti menemukan error di dalam programnya. Bila kita menemukan error di dalam program kita, bukan berarti kita telah gagal untuk melakukan pemrograman. Hal ini dapat terjadi pada setiap orang yang melakukan pemrograman bahkan sering terjadi pada programmer handal. Kita harus membiasakan diri untuk membaca kode dan pesan error yang muncul. Kita perlu mengidentifikasi pesan error tersebut terhadap kesalahan penulisan kode pemrograman yang kita lakukan. Hal ini akan mempercepat kita untuk mengatasi error yang terjadi pada waktu selanjutnya.

Kode Pemrograman Dasar
Kita perlu menguasai kode pemrograman dasar, seperti: if.. else, switch..case, do..while, function, class dan lain sebagainya. Hal ini merupakan hal wajib agar kita lebih mudah menciptakan logika untuk mewujudkan sebuah program.

Konsep dasar
Setiap bahasa pemrograman memiliki konsep dasar berbeda. Dalam hal ini kita harus menemukan konsep dasar bahasa pemrograman yang kita pelajari. Pemahaman konsep dasar pemrograman mampu meningkatkan cara berlogika kita untuk menciptakan sebuah program.

Contoh Program
Kita dapat mempelajari contoh program yang telah berfungsi. Kita bisa menemukan ide pemrograman dari contoh program milik pihak ketiga. Buat Anda yang masih pemula, Anda bisa membuat ulang program milik pihak ketiga untuk mempelajari cara berlogika. Pada saat pembuatan ulang hindari cara copy-paste, kita harus mengetik ulang setiap kode program tersebut. Hal ini akan membiasakan kita menulis kode dengan baik dan benar. Hal terpenting di sini adalah kita harus mengerti setiap kode yang kita ketikkan dan bukan hanya menyalin kode karena kita belajar membuat program dan bukan belajar mengetik.

Gaya Pemrograman
Dalam proses pembelajaran kita, kita akan menemukan hal-hal atau fungsi tertentu yang kita sukai. Hal ini akan membentuk gaya pemrograman kita sendiri. Kita tidak perlu menguasai semua fungsi yang terdapat di dalam suatu bahasa pemrograman karena hanya dengan menguasai sebagian fungsi saja kita sudah dapat menciptakan beraneka ragam program. Kita sendiri akan menyempurnakan cara pemrograman kita sendiri sejalan dengan perkembangan waktu.

Bila kita telah berniat untuk belajar pemrograman, hambatan apa pun tidak akan menjadi masalah. Hal terpenting dalam suatu proses pembelajaran adalah tekat dan pantang menyerah. Salam sukses.