Bahasa Inggris dapat dikatakan bahasa internasional yang artinya kita dapat menggunakan bahasa inggris di banyak negara. Selama ini kita tinggal di tanah air Indonesia sehingga merasa tidak perlu menguasai bahasa Inggris. Kita tidak pernah membutuhkan bahasa inggris dalam aktifitas sehari-hari. Namun ada saatnya kita membutuhkan bahasa inggris, seperti: suatu pekerjaan yang mengharuskan kita berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, suatu pekerjaan yang memerlukan penulisan dalam bahasa inggris atau jalan-jalan keluar negeri.

Kita merasa tidak membutuhkan bahasa inggris di dalam kehidupan sehari-hari kita. Ketika kita diharuskan menggunakan bahasa inggris, pada saat itu kita merasa harus belajar. Seperti yang kita ketahui belajar suatu bahasa membutuhkan waktu yang sangat panjang dan tidak dapat dilakukan secara instan. Sebaiknya kita mempersiapkan diri kita untuk belajar bahasa inggris karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan membutuhkan bahasa inggris.

Proses belajar bahasa inggris hingga menguasainya membutuhkan waktu yang sangat lama. Beberapa warga Indonesia mengaku membutuhkan waktu belasan tahun untuk menguasai bahasa inggris dan itu harus dilakukan langsung di negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari. Belajar bahasa inggris terlihat gampang namun untuk menguasainya, kita membutuhkan waktu yang sangat lama. Kita tidak dapat mempraktekkan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari kita, karena masyarakat Indonesia tidak menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Hal ini menyebabkan belajar bahasa inggris di Indonesia membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, kita tetap memiliki cara untuk mempercepat proses belajar bahasa inggris di Indonesia. Berikut ini adalah cara belajar bahasa inggris yang paling cepat dan efektif:

Tenses
Bahasa inggris mempunyai beberapa jenis tenses(kalimat) yang masing-masing digunakan pada situasi tertentu. Kita harus mengetahui semua bentuk tensesĀ  dalam bahasa inggris agar kita dapat menentukan jenis kalimat yang harus kita gunakan di dalam percakapan.

Kosakata
Bahasa inggris sama seperti bahasa Indonesia memiliki sangat banyak kosakata. Kita tidak perlu memaksakan untuk menghafalkan kosakata bahasa inggris sejak awal. Kita tidak mungkin menguasai semua kosakata karena seperti bahasa Indonesia, kita sendiri tidak dapat menghafalkan kosakata bahasa indonesia secara keseluruhan. Kita hanya perlu menghafalkan kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selanjutnya, kita akan menemukan kosakata baru di sepanjang perjalanan proses pembelajaran.

Diary
Bahasa inggris harus dipraktekkan setiap hari. Salah satu cara untuk mempraktekkan bahasa inggris adalah menuliskan kegiatan harian kita dalam sebuah buku diary. Kita harus menuliskan aktifitas kita setiap hari dalam bahasa inggris. Pada awal proses belajar kita pasti banyak melakukan kesalahan dalam menuliskan bahasa inggris baik pemilihan tenses maupun kata namun hal itu tidak penting. Tujuan menulis buku harian diary adalah untuk membiasakan kita untuk memilih tenses dan menghafalkan kata-kata bahasa inggris. Kita akan berkembang setiap hari di dalam proses belajar.

Bacaan
Kita harus berhenti membaca bacaan bahasa Indonesia dalam keseharian kita dengan semaksimal mungkin. Kita harus menggantikan bacaan kita dengan bacaan bahasa inggris. Pada awal proses pembelajaran ini, kita akan merasa sangat tersiksa karena kita akan merasa sangat susah untuk membaca sebuah bacaan karena kita akan menjumpai sangat banyak kata-kata yang kita tidak ketahui dan kita harus mencarinya di dalam kamus. Kita akan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menyelesaikan sebuah bacaan. Proses pembelajaran ini wajib dilakukan secara rutin karena proses pembelajaran ini berfungsi melatih diri kita mempelajari banyak kosakata baru. Proses pembelajaran ini bersifat perlahan tapi pasti karena kita akan dipaksa untuk belajar berbagai kosakata baru. Setelah melakukan proses pembelajaran ini selama beberapa bulan, kita akan mulai dapat membaca suatu bacaan bahasa inggris dengan lebih cepat karena pada saat itu kita sudah cukup banyak menghafalkan berbagai kosakata. Kita juga perlu memperhatikan cara memilih kata-kata di dalam suatu bacaan agar mempermudah diri kita untuk menulis atau berbicara dalam bahasa inggris.

Music dan film
Kita yang ingin belajar bahasa inggris sebaiknya terjun ke dalam masyarakat yang berbahasa inggris dengan baik dan benar. Pada kenyataannya hal itu tidak dapat dilakukan oleh semua orang karena alasan utamanya adalah biaya dan waktu. Sebagai pengganti, kita bisa nonton atau mendengarkan musik bahasa inggris tanpa teks. Kita dapat melatih pendengaran kita terhadap pengucapan bahasa inggris. Selain itu kita juga dapat berlatih pengucapan kata dengan baik dan benar. Bila kita hanya belajar tulisan kita tidak akan tahu pengucapan yang benar terhadap suatu kata. Usaha melatih pendengaran membutuhkan waktu yang sangat lama karena kita akan menemukan beberapa aksen yang susah ditangkap ucapannya.

Gadget, Komputer, pengaturan website dan lainnya
Proses belajar bahasa inggris yang paling cepat adalah terjun ke dalam dunia bahasa inggris. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah mengatur bahasa di smartphone, komputer, website yang kita sering kunjungi dan lainnya menjadi bahasa inggris. Hal ini cukup sederhana namun dapat memaksa kita belajar bahasa inggris ketika berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Game online
kita bisa berpartisipasi pada game online yang diikuti oleh orang luar. Kita dapat melatih keberanian kita dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris kepada pihak yang benar-benar berbahasa inggris. Pada saat kita main game online berbahasa inggris, kita akan sering menemukan pemain lain yang berbahasa inggris. Di sana kita dipaksa untuk aktif berbahasa inggris. kita akan merasakan perbedaan besar ketika menulis aktifitas kita pada diary dan ketika bermain game. Ketika kita menulis diary kita akan merasa cukup santai dalam menyusun kalimat. kita mungkin saja meluangkan 15 menit atau lebih untuk menyusun sebuah kalimat. Pada saat kita bermain game, pemain lain mengharapkan kita untuk menjawab pertanyaan mereka pada detik itu juga. Hal ini akan memaksa otak kita berpikir dengan lebih cepat dan harus segera memilih tenses yang cocok dan pemilihan kata yang sesuai.

Belajar bahasa inggris paling cepat adalah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari namun hal itu tidak dapat dilakukan di dalam kehidupan kita di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus membuat keadaan menyerupai kita sedang hidup di antara orang berbahasa inggris. Kita harus melakukan segala hal menggunakan bahasa inggris sebanyak mungkin.