Belajar bahasa Inggris tidak terlalu sulit bila kita tahu caranya. Proses belajar memang membutuhkan perjuangan tapi hal ini tidak berarti kita harus melewati jalan yang susah. Belajar bahasa Inggris ada triknya jadi kita akan lebih mudah untuk menguasai cara berbahasa Inggris. Nah cara belajar bahasa inggris dengan mudah, inilah yang akan kita bahas di sini

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah

Belajar bahasa Inggris tidak akan berlangsung instan tapi kita tetap harus melewati suatu proses pembelajaran. Namun, Kami akan menunjukkan setiap tahapan yang akan mempermudah proses belajar dan setiap tahapan akan kami bahas di sini.

Kenali semua kata yang sering kita jumpai di kehidupan kita

Salah satu cara yang paling mudah adalah mengenali kata-kata bahasa inggris yang terdapat di dalam kehidupan kita. Kita akan selalu berhubungan dengan barang itu. Kita harus mengetahui nama barang tersebut dalam bahasa Inggris. Hal ini disebut dengan menambah kosakata.

Contoh:
Di dalam kamar tidur kita akan menemukan:
ranjang – bed
kasur – matress
bantal – pillow
selimut – blanket
kursi – chair
meja – table
jam dinding – clock
pulpen – pen
pensil – pencil
sandal – sandal
dan lain sebagainya

Tanpa kita sadari ada beberapa hal yang disebutkan di atas ternyata sangat mirip dengan bahasa Indonesia. Kita akan lebih mudah mempelajarinya. Setiap hari kita menemukan sesuatu yang berada di dalam rumah, kita harus mengetahui namanya di dalam bahasa Inggris.

Ketahui cara menggunakan subjek, objek dan keterangan

Cara penggunaan subjek dan objek merupakan hal yang esensial di dalam berbahasa Inggris. Hampir setiap kalimat yang kita ucap atau tulis akan mengandung subjek atau objek. Bahasa Inggris memiliki cara penulisan yang unik pada subjek dan objek

Contoh:

Saya suka pada diri saya
I like myself.

Dia suka saya
He likes me.

Saya suka dia.
I like her(wanita).

Andy suka membaca jadi dia membaca dengan cepat.
Andy likes to read so he reads fast.

Riska suka menulis jadi dia menulis dengan cepat.
Riska likes to write so she writes fast.

Pada contoh di atas terlihat bahwa cara penulisan kata saya sebagai subjek, objek dan keterangan, berbeda cara penulisannya. Kata dia untuk pria dan wanita juga berbeda untuk penulisan subjek, objek dan keterangan. Semua dasar cara penggunaan kata subjek, objek dan keterangan harus dimengerti dan dikuasai.

Kenali kata kerja yang kita lakukan sehari-hari

Semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari adalah hal yang sederhana dan penting. Semua kata kerja yang menyangkut pekerjaan kita sehari-hari pasti akan sering digunakan. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui kata kerja yang digunakan oleh kita pada kehidupan sehari-hari.

Contoh:
bangun – wake up
gosok gigi – brush teeth
makan – eat
minum – drink
mandi – take bath
dan lain sebagainya

Bahasa Inggris membedakan kata tunggal dan jamak

Salah satu hal yang membuat bahasa Inggris sulit dipelajari adalah hal mengenai tunggal dan jamak. Penggunaan to be seperti is, am, are, was dan were ditentukan oleh subjek atau objek kalimat. Sedangkan kata kerja juga dipengaruhi oleh subjek kalimat.

contoh To be:
There is a cow.
Di sana ada sapi.

There was a cow
Di sana ada sapi(dulu).

There are flowers.
Di sana ada bunga(banyak)

There were flowers.
Di sana ada bunga(banyak dan dulu)

Contoh kata kerja:
I like cars
Saya suka mobil.

You like cars
Kamu suka mobil.

He likes cars
Dia suka mobil.

Andy likes cars.
Andy suka mobil.

They like cars.
Mereka suka mobil.

Kita harus membiasakan diri menyusun kalimat sederhana yang membedakan kata jamak dan tunggal. Pembedaan kata to be dan kata kerja terhadap subjek dan objek merupakan salah satu kesulitan yang dialami kebanyakan orang. Oleh karena itu, kita harus belajar menggunakan kalimat sederhana dan sering kita ulangi di dalam hati kita.

Pelajari cara penggunaan tenses dan cara menyusun kalimat

Tenses merupakan hal paling susah di antara semua hal yang dilakukan sebelumnya. Banyak orang hanya mengerti cara menyusun kalimat menggunakan rumus di dalam tenses tapi pada kenyataannya mereka tidak mengerti kapan harus menggunakan tenses tersebut.

Contoh:

I go to school
Saya pergi ke sekolah

I am going to school
Saya sedang pergi ke sekolah

I went to school
Saya pergi ke sekolah(dulu)

I will go to school
Saya akan pergi ke sekolah

I have gone to school
Saya sudah pergi ke sekolah

dan lain sebagainya

Tenses digunakan untuk waktu di mana suatu pekerjaan berlangsung. Hal yang paling susah dipelajari adalah menentukan kapan tenses itu akan digunakan di dalam percakapan.

Praktek adalah guru bahasa Inggris terbaik

Ilmu yang kita pelajari akan tetap menjadi sejarah apabila kita hanya tahu tapi tidak menggunakannya. Praktekkan semua ilmu yang kita pelajari. Bila kita memiliki teman untuk belajar bersama, hal itu akan membuat kita lebih cepat menguasai bahasa Inggris. Belajar bersama teman akan lebih baik karena kita dapat saling melakukan koreksi kesalahan dalam pengucapan dan kesalahan penyusunan kalimat.

Bila kita tidak mempunyai teman, kita tidak perlu berkecil hati. Kita juga bisa saja menulis atau berbicara seorang diri. Hal ini akan cukup efektif bila kita tidak mempunyai teman untuk berlatih bahasa Inggris. Perbanyak tontonan bahasa Inggris tanpa teks terjemahan. Dengar nyanyian dalam bahasa Inggris. Banyak membaca artikel bahasa Inggris. Main game RPG berbahasa Inggris. Lakukan semua hal yang bisa mendukung kita lebih cepat berbahasa inggris.

Ini adalah pengalaman pribadi yang membuat saya merasa lebih mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris. Bila Anda tertarik belajar bahasa Inggris dengan lebih cepat silahkan baca juga artikel saya berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Cepat Dan Efektif