Bekerja dari rumah dapat memberikan suatu kenyamanan tersendiri. Seorang pekerja dapat bekerja tanpa harus pergi ke kantor dan memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. hal ini tentunya membutuhkan suasana rumah yang memungkinkan untuk bekerja dengan efektif. Namun, hal ini tidak selalu berlaku sama bagi setiap orang. Ada orang tertentu yang tidak dapat bekerja dengan tenang di dalam rumah. Sebagian orang tidak dapat bekerja di rumah karena adanya  pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan sehingga konsentrasi menjadi terpecah. Urusan keluarga atau suasana rumah juga menjadi salah satu penyebab bekerja di dalam rumah menjadi tidak tenang.

Bagi Anda yang memutuskan untuk bekerja dari rumah, Sebaiknya Anda mempersiapkan diri dan lingkungan kerja Anda terlebih dahulu. Silahkan simak beberapa tips dan cara bekerja dari rumah secara efektif:

Pakaian kerja
Mengenakan pakaian kerja pada saat Anda bekerja di rumah. Hal ini mungkin terdengar lucu namun Anda akan merasakan bedanya. Bedanya adalah Anda akan merasa saat Anda mengenakan pakaian kerja meskipun berada di rumah. Anda akan merasa bahwa Anda perlu melakukan pekerjaan seperti ketika Anda berada di kantor. Sehingga Anda akan lebih serius untuk menyelesaikan pekerjaan Anda meskipun Anda mengerjakan pekerjaan tersebut di rumah.

Sarapan
Sebelum memulai aktifitas, Anda perlu sarapan terlebih dahulu. Sarapan dengan makanan sehat, seperti: oatmeal, daging tanpa lemak, roti gandum, sayuran atau buah-buahan. Setelah sarapan tubuh  Anda lebih berenergi untuk melakukan aktifitas.

Ruang kerja
Penentuan ruang kerja sangat penting untuk dilakukan. Ruang kerja perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Anda perlu memilih sebuah ruangan atau tempat di dalam rumah yang dapat menunjang pekerjaan Anda. Yang terpenting adalah Anda merasa nyaman berada di ruangan tersebut, ketersediaan meja untuk bekerja, penerangan yang cukup, ruangan yang hening dan mempunyai pembatas ruangan dengan ruangan lain. Ruangan yang kondusif untuk bekerja dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh aktifitas penghuni rumah lainnya.

Jadwal
Anda perlu menentukan jadwal harian, mingguan bahkan bulanan dari pekerjaan yang perlu Anda selesaikan. Hal ini akan sangat membantu Anda bekerja dengan waktu yang lebih efisien. Anda juga akan lebih terfokus pada pekerjaan yang telah Anda jadwalkan. Penentuan jadwal akan membantu Anda mengingat dateline pekerjaan Anda sehingga Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Daftar Kegiatan
Anda perlu membuat daftar kegiatan yang perlu dilakukan pada hari ini, hari esok atau sampai seminggu sebelumnya. Anda dapat memilah pekerjaan apa saja yang dapat Anda kerjakan pada hari tertentu, seperti: backup data setiap 2 hari sekali, bertemu dengan kolega bisnis pada hari rabu, menyempatkan membuat planning kerja baru setiap jumat atau lain sebagainya.

Perlengkapan Kerja
Anda perlu menyediakan segala perlengkapan kerja yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan. Hal ini tidak seperti di kantor yang hampir semua perlengkapan untuk bekerja disediakan oleh pihak kantor, seperti: kertas, pulpen, kalkulator, telepon, mesin fax, komputer, printer, tinta printer dan segala software komputer. Anda perlu mempersiapkan segala perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah.

Meja kerja
Meja kerja agar selalu bersih, teratur dan rapi setiap hari. Keberadaan alat tulis, dokumen pekerjaan, komputer dan lain sebagainya harus tertata rapi di atas meja. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Anda harus disiplin untuk merapikan meja kerja setiap hari sebelum Anda meninggalkan meja kerja Anda.

Kursi kerja
Anda perlu memilih kursi yang memiliki sandaran untuk bekerja. Anda akan menghabiskan waktu yang cukup lama di atar kursi tersebut. Hal ini akan membantu Anda tidak terlalu lelah menggunakan kursi yang memiliki sandaran. Ketinggian kursi juga perlu diatur agar tangan Anda nyaman ketika bekerja di atas meja atau sedang menggunakan komputer.

Kesampingkan Hal Pribadi
Selama Anda bekerja, Anda perlu memisahkan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti: menelepon keluarga, sms teman kantor, streaming chanel kesukaan Anda, mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau lain sebagainya. Hal ini bila dilakukan akan mengganggu konsentrasi kerja Anda. Meskipun Anda tergoda melakukan hal tersebut di atas, Anda perlu mewajibkan diri Anda untuk tidak melakukan hal tersebut demi efektifitas pekerjaan. Melakukan hal yang bersifat pribadi dapat mengakibatkan pekerjaan tidak terselesaikan sesuai jadwal pengerjaan.

Komunikasi
Meskipun Anda bekerja dari rumah. Anda tetap perlu membangun komunikasi yang baik dengan teman atau kolega bisnis Anda. Pilihlah salah satu hari yang Anda anggap cocok untuk melakukan kegiatan tersebut dan tidak mengganggu jadwal kerja Anda. Anda juga perlu mempersiapkan bahan diskusi terlebih dahulu sehingga Anda lebih siap dan percaya diri dalam berkomunikasi apalagi bila Anda menggunakan teleconference.

Teman Dan Keluarga
Ketika Anda bekerja dari rumah, Anda mungkin saja mendapat kedatangan tamu, teman atau keluarga. Anda perlu memberi penjelasan kepada teman atau keluarga Anda bahwa Anda sedang bekerja dari rumah. Mereka bisa saja menganggap Anda sedang tidak bekerja karena hal yang berhubungan dengan pekerjaan umumnya dilakukan di kantor. Anda perlu memberi penjelasan kepada mereka bahwa Anda hanya bisa dihubungi pada saat istirahat. Dengan memberikan penjelasan, jadwal kerja Anda tidak akan terganggu dan Anda dapat lebih berkonsentrasi pada pekerjaan.

Kolega Bisnis
Anda perlu menjaga hubungan baik dengan kolega bisnis Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi pengiriman pesan, seperti yahoo massanger, whatsapp, line atau SMS pada handphone agar Anda tetap terhubung dengan kolega Anda. Anda juga dapat memanfaatkan alamat email dan nomor telepon khusus untuk pekerjaan Anda.

Bagi Waktu
Bekerja dari rumah akan memudahkan Anda mengatur waktu kerja. Namun, Anda perlu membedakan antara kehidupan profesional dan kehidupan di rumah. Anda perlu mengatur waktu kerja Anda dan Anda harus bekerja sepenuhnya seperti ketika Anda bekerja dari kantor. Anda juga harus membatasi waktu kerja Anda, sehingga Anda tetap memiliki waktu yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Untuk Anda yang belum berkeluarga Anda dapat menikmati waktu santai di rumah.

Internet
Koneksi internet kini sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Namun keberadaan koneksi internet tidak boleh disalah gunakan. Berselancar di internet memang sangat menyenangkan, Anda dapat menikmati segala informasi terkini bahkan infotainment yang sedang trending. Namun hal ini akan banyak menghabiskan waktu Anda tanpa Anda sadari. Anda harus menghindari penggunaan internet untuk hal pribadi pada saat jam kerja. Anda dapat melakukan hal pribadi menggunakan koneksi internet pada saat jam istirahat atau di luar jam kerja.

Hindari pekerjaan rangkap
Mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersama-sama memang akan dapat menghemat waktu. Tapi beberapa pekerjaan yang dikerjakan secara bersamaan dapat mengakibatkan kualitas hasil pekerjaan menjadi kurang baik. Anda akan lebih terfokus bila mengerjakan satu pekerjaan hingga selesai dan melanjutkan untuk mengerjakan pekerjaan lain. Hasil pekerjaan akan lebih baik dibanding bila Anda mengerjakan pekerjaan rangkap.

Istirahat
Meskipun Anda ingin memanfaatkan waktu secara efisien, hal itu bukan berarti Anda perlu terus menerus mengerjakan pekerjaan Anda selama 8 jam setiap hari. Pekerja yang bekerja di kantor juga tidak bekerja selama 8 jam tanpa berhenti. Mereka juga mempunyai waktu istirahat sejenak untuk pergi ke toilet, makan siang, membuat kopi, mengambil minuman atau berkomunikasi dengan teman kerja. Anda juga perlu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dengan berjalan ke luar ruangan untuk menikmati udara segar di luar ruangan, mengistirahatkan mata Anda dari layar komputer, mengambil snack untuk Anda konsumsi atau makan siang terlebih dahulu.

Secara umum setiap orang yang bekerja secara profesional melakukan pekerjaannya di kantor. Namun saat ini bekerja dari rumah juga dapat menjadi pilihan. Bila Anda saat ini sedang mempertimbangkan bekerja dari rumah, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dapat menunjang pekerjaan Anda dari rumah dan Anda juga perlu menilai efektifitas Anda melakukan pekerjaan dari rumah dibandingkan bekerja di kantor. Bekerja dari rumah tidak dapat berlaku bagi setiap orang. Apabila Anda menilai Anda tidak dapat bekerja dengan efektif dari rumah, Anda sebaiknya bekerja di kantor saja.