Bila kita melihat ke daerah pemukiman, biasanya di sana terdapat beberapa toko kelontong. Namun, biasanya masyarakat tidak merasakan perbedaan antara berbelanja di toko kelontong yang satu dan toko kelontong yang lain. Salah satu cara untuk menonjolkan diri di dalam masyarakat adalah membangun image dan nama baik di dalam masyarakat. Caranya bagaimana? Ini dia cara bangun image baik toko kelontong.

Cara bangun image baik toko kelontong

Setiap toko kelontong yang dibangun demi mencari keuntungan. Namun, toko kelontong hadir di tengah masyarakat berarti membaur dengan masyarakat sekitar. Selain mencari keuntungan semata, kehadiran usaha juga harus membawa dampak positif kepada masyarakat. Banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan untuk masyarakat setempat dan pada akhirnya akan membangun image atau nama baik terhadap usaha.

Perbaiki dan rawat penampilan toko

Salah satu cara membangun image terhadap masyarakat adalah tampilan toko itu sendiri. Penampilan toko harus dapat menjadi pemandangan yang baik di dalam lingkungan masyarakat. Toko harus dibangun dengan rapi agar tidak merusak pemandangan di dalam lingkungan masyarakat.

Jaga kebersihan dan memperbaiki lingkungan di sekitar toko

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab penduduk setempat. Kebersihan lingkungan toko juga merupakan tanggung jawab pemilik toko. Dalam hal ini, pemilik toko dan petugas di toko diharapkan dapat menjaga kebersihan toko beserta lingkungan di sekitar toko.

Halaman di depan toko sebaiknya dirawat dengan baik. Pelataran di depan toko harus ditutup dengan semen atau bata. Hal ini akan menghindari debu atau tanah mengotori jalan dan toko. Lakukan penghijauan pada setiap pojokan toko. Lingkungan toko akan terlihat lebih asri. Jangan lupa sediakan tempat sampah di depan toko agar pengunjung toko mudah membuang sampah.

Gunakan seragam dan melayani pelanggan dengan senyuman

Setiap petugas di toko harus diwajibkan mengenakan seragam karena seragam adalah salah satu image toko yang perlu ditanamkan pada masyarakat. Semua pelayan di toko harus memberikan senyuman kepada pengunjung. Hal ini akan menciptakan image bahwa semua pelayan di toko memberikan layanan yang baik dan ikhlas dalam memberikan layanan.

Berikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang tidak mampu

Sisihkan sebagian penghasilan toko untuk mengadakan event berbagi sembako atau memberikan bantuan kepada pihak yang membutuhkan. Event berbagi ini tentunya akan disambut baik oleh masyarakat namun hal ini perlu dikoordinasikan dengan RT atau RW setempat. Berikan bantuan kepada masyarakat menggunakan kemasan atau kantong plastik yang tercetak nama toko.

Berikan sponsor kepada kegiatan RT/RW setempat

Berikan sponsor dalam rangka mendukung kegiatan RT/RW setempat berupa makanan atau minuman pada acara berlangsung. Dalam hal ini, pemilik toko dapat memberikan bingkisan yang tercetak logo atau nama toko terkait.

Masyarakat di sekitar akan lebih mengenal toko kelontong yang menonjolkan diri dibanding toko kelontong lainnya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian masyarakat. Sejalan dengan berkembangnya image baik terhadap toko, masyarakat di sekitar akan lebih cenderung mengingat dan berbelanja di toko terkait. Hal ini tentunya akan membawa dampak positif untuk toko kelontong tersebut.