Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit yang lembab dan indah. Meskipun sering dirawat kulit kita tidak jarang mengalami kering dan pecah-pecah. Kulit kering akan berlanjut menjadi kulit bersisik, gatal atau berkemungkinan terserang penyakit kulit. Perawatan untuk kulit kering dapat dilakukan dengan cara mengembalikan kelembabannya. Kita dapat melakukan perawatan di klinik kecantikan ataupun melakukan perawatan sendiri di rumah.

Perawatan dapat dilakukan di klinik atau salon kecantikan dan Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Anda akan ditangani oleh ahli yang berpengalaman namun Anda harus membayar sejumlah uang demi mendapatkan treatment.

Perawatan kulit kering juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Keuntungan yang Anda dapat dengan melakukannya sendiri adalah Anda tidak perlu antri di salon atau klinik kecantikan, lebih murah dan Anda dapat mengatur waktu untuk melakukan perawatan.

Berikut ini adalah cara atasi kulit kering dengan alami:

Mandi
Pada saat Anda mandi usahakan jangan terlalu lama. Bila mandi atau berendam terlalu lama akan dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik dan minyak alami pada kulit akan tercuci atau terbawa air. Pada saat mandi, Anda disarankan tidak menggunakan air yang terlalu panas. Air yang digunakan untuk mandi cukup hangat saja. Mandi dengan air hangat dapat mengakibatkan minyak alami kulit menjadi berkurang dan akan menyebabkan kulit cepat menjadi kering. Bila Anda memiliki kulit kering sebaiknya mandi menggunakan air dingin.

Madu
Madu dapat digunakan untuk mengobati kulit kering. Madu berkhasiat untuk menghilangkan kulit mati dan meregenerasi pertumbuhan sel baru. Cara penggunaannya: setelah kulit dibersihkan, oleskan madu pada bagian tubuh yang kering. Cara pengobatan ini pastinya memerlukan waktu dan ketekunan Anda. Hasilnya baru akan terasa setelah beberapa kali perawatan. Hasil yang didapatkan setiap orang pasti akan berbeda tergantung ketekunan dalam melakukan perawatan dan kondisi kulit individu terkait.

Air putih
Anda disarankan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas(1.8 liter) setiap hari. Bila Anda masih mengalami kulit kering, Anda perlu menambah asupan air putih menjadi 2.5 liter hingga 3 liter. Konsumsi air putih yang cukup akan melancarkan pencernaan dan membuang racun dalam tubuh sehingga kulit menjadi lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

Pelembab
Anda dapat mengoleskan pelembab ke kulit yang kering setelah Anda selesai mandi atau setiap kali Anda merasa perlu. Anda perlu rutin mengoleskan pelembab baik itu pelembab wajah maupun pelembab kulit. Kulit kering akan cepat pulih kembali setelah memakai pelembab secara rutin. Pilih pelembab yang mengandung tabir surya agar dapat melindungi dari paparan sinar UV.

Minyak zaitun
Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga elasitas kulit dan keremajaan kulit karena minyak zitun memiliki kandungan vitamin E, tokoferol, trigliserida dan lain sebagainya. Pengobatan untuk kulit kering dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya: Anda cukup mencampur beberapa tetes minyak zaitun ke dalam hand body kesayangan Anda dan langsung mengoleskannya pada kulit yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Perawatan wajah kering menggunakan minyak zaitun, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun tanpa campuran pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Treatment dengan minyak zaitun yang rutin pada kulit wajah akan mengurangi kerutan wajah di samping melembabkannya.

Ruangan AC
Berada di ruangan AC memang menyenangkan dan terasa lebih enak di badan. Namun, tanpa Anda sadari kulit akan lebih cepat kering dan menjadi pecah-pecah. Solusi untuk Anda yang terpaksa berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang cukup lama adalah rajin mengoleskan pelembab badan dan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Asupan air minum yang cukup akan membuat kulit tetap lembab dan tidak cepat kering ketika berada di ruangan AC.