Di saat cuaca yang tidak menentu kita perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita agar terhindar dari penyakit. Selain mengkonsumsi vitamin, kita juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara alami agar tidak gampang sakit.

Cara alami agar tidak gampang sakit

Kita perlu memperkuat sistem imun tubuh agar kesehatan kita tetap terjaga dan menghindarkan kita dari infeksi penyakit. Terlebih di saat ini, cuaca menjadi tidak menentu. Hal ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh yaitu mudah sakit. Berikut ini cara alami agar tidak gampang sakit:

Istirahat yang cukup setiap hari sangat penting bagi kelangsungan hidup kita

Istirahat yang cukup setiap hari sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Namun, ada kalanya kita tidak dapat beristirahat dengan cukup setiap hari karena banyak aktifitas yang masih harus kita selesaikan. Kita juta terkadang harus begadang demi menyelesaikan pekerjaan tersebut dan mengorbankan waktu untuk tidur. Akibatnya sistem imunitas tubuh menjadi menurun dan kita menjadi mudah terserang infeksi penyakit.

Aktifitas fisik minimal 30 menit sehari

Kita dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan rutin berolahraga. Kita tidak perlu menghabiskan waktu olahraga hingga hitungan jam lamanya di pusat kebugaran. Sebenarnya kita dapat melakukan olahraga sendiri, seperti: jogging, berjalan kaki, push up, sit up dan lain sebagainya. Aktifitas fisik minimal 30 menit sehari akan menjaga kebugaran tubuh dan menjaga sistem imun tubuh tetap optimal.

Paparan sinar matahari pada waktu pagi dan sore hari

Paparan sinar matahari pada pagi dan sore hari sebaiknya tidak kita hindari. Berjemur pada waktu pagi dan sore hari tidak akan merusak kulit kita. Paparan sinar matahari pada waktu pagi dan sore hari merupakan sumber vitamin D yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh.

Tertawa dapat menurunkan stress

Jangan anggap remeh tertawa. Tertawa dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia, menurunkan stress dan membuat pikiran lebih positif. Aktifitas ini akan dapat melepaskan diri kita dari stress. Sisi positif lainnya, tubuh kita yang jauh dari stress akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, tertawa adalah obat paling murah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih memiliki khasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih selama ini telah terbukti berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih dapat mencegah penyakit jantung. Cara mengkonsumsi bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung atau digunakan untuk memasak. Bahkan, sebagian orang mengkonsumsi bawang putih yang telah dihaluskan dengan cara memasukkannya ke dalam roti tawar. Sebagian orang juga mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul. Namun, agar khasiat bawang putih dapat diserap dengan optimal sebaiknya kita mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan segar dan tanpa melalui proses memasak.

Lemon, jahe, madu dan air hangat

Lemon, jahe dan madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan virus. Kandungan vitamin C dari lemon, jahe atau madu dapat membantu mempercepat pemulihan dari serangan penyakit. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kita dapat menyeduh dalam air hangat dan langsung minum dalam kondisi hangat. Bahan di atas yang ditambah dengan air hangat membantu memelihara kesehatan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh dari serangan penyakit.