Virus Zika saat ini sedang mengancam dunia. Virus Zika pertama kali ditemukan di negara Brasil dan negara bagian di Amerika. Cara agar tidak terinfeksi virus zika adalah memperkuat kekebalan tubuh kita. Kita harus memperkuat diri agar tidak terinfeksi oleh virus.

Cara agar Tidak Terinfeksi Virus Zika, Harus Perkuat Kekebalan Tubuh

Upaya pencegahan yang dapat kita lakukan dari infeksi virus Zika adalah dengan memperkuat kekebalan tubuh. Vaksin virus Zika hingga saat ini belum ditemukan. Pengembangan vaksin memerlukan waktu yang lama sedangkan infeksi virus Zika pada saat ini telah menyebar luas, terutama di negara Amerika. Oleh karena itu, yang dapat kita lakukan adalah menjaga tubuh agar bugar dan sehat sehingga tidak mudah terinfeksi.

WHO menyatakan bahwa virus Zika adalah virus dengan golongan Flaviviridae

Badan kesehatan dunia(WHO)dalam situs resminya menyatakan bahwa Virus Zika adalah virus dengan golongan Flaviviridae yang ditularkan ke manusia lewat nyamuk Aedes. Orang yang terjangkit dengan virus ini akan mengalami gejala, seperti: sakit kepala, ruam di wajah, leher dan lengan atas. Ruam juga berkemungkinan menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung.

Langkah yang akan diambil WHO terkait merebaknya virus Zika

Direktur Jenderal WHO, Margareth Chan akan berencana menggelar pertemuan di Jenewa Swiss untuk membahas langkah yang akan diambil oleh WHO mengenai merebaknya virus Zika di 23 negara bagian di Amerika.

Perbedaan virus Zika dan virus demam berdarah

Virus Zika juga ditularkan nyamuk aedes ke tubuh manusia, seperti halnya demam berdarah. Perbedaannya adalah penderita yang terinfeksi virus Zika mengalami mata yang memerah karena mengalami radang konjungtiva. Namun, penderita virus Zika tidak mengalami penurunan trombosit seperti yang dialami oleh pasien demam berdarah.

Upaya pengobatan infeksi virus Zika

Pengobatan terhadap infeksi virus Zika hanya diarahkan pada pengobatan untuk menguatkan imun tubuh dan mengatasi gejala yang muncul atau efek yang dirasakan penderita. Penanganan ini tidak bersifat mengobati secara menyeluruh dikarenakan virus ini masih tergolong jenis virus baru dan belum ditemukan cara pengobatannya.

Imbauan pemerintah untuk pencegahan virus zika

Pemerintah Indonesia melalui Kemenkes RI, menghimbau masyarakat dalam mengantisipasi virus Zika, dengan cara melakukan cara yang hampir sama seperti mengantisipasi demam berdarah, yaitu: dengan menguras, menutup dan mengubur tempat yang memungkinkan menampung air perlu tetap dilakukan untuk pencegahan virus Zika.