Tidak sedikit orang yang mengalami sulit tidur di malam hari. Mereka sudah memejamkan mata namun tidak kunjung tidur dan masih sadar. Terkadang mereka menjadi terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali meskipun tubuh mereka telah lelah dengan aktifitas yang telah dijalani seharian. Apabila hal ini terus berlanjut dalam waktu yang lama, tentu akan menimbulkan dampak bagi kesehatan yang serius. Buat Anda yang memiliki kesulitan untuk tidur inilah cara agar cepat tidur dan untuk menghindari insomnia

Cara agar cepat tidur dan untuk menghindari insomnia

Waktu tidur yang dianjurkan setiap malam untuk orang dewasa adalah selama 7 hingga 8 jam sehari. Kelelahan fisik, kurang konsentrasi dalam bekerja, anemia, stress dan lain sebagainya dapat ditimbulkan oleh kurangnya waktu tidur yang cukup. Berikut ini cara agar cepat tidur di malam hari:

Berendam dengan air hangat selama 20 menit untuk menaikkan suhu tubuh sehingga membuat cepat mengantuk

Mandi atau berendam dengan air hangat akan membuat tubuh lebih relaks dan meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat pada saat mandi dengan air hangat akan menurun kembali setelah selesai mandi dan membuat seseorang menjadi mengantuk. Hal ini yang akan membantu agar dapat cepat tertidur.

Suhu kamar yang dingin akan membantu tidur lebih cepat

Suhu ruangan kamar tidur perlu diatur menjadi dingin agar lebih nyaman untuk tubuh. Hal ini perlu dilakukan agar seseorang memerlukan selimut untuk menghangatkan tubuhnya dari suhu dingin. Suhu yang dingin akan membuat tidur seseorang menjadi lebih cepat tidur dan lebih nyenyak pada saat tidur.

Ruangan gelap akan membuat otak mengenali waktu tidur

Ruangan yang dibuat gelap akan membuat otak mengenali suasana gelap tersebut sebagai waktu tidur. Otak akan melepaskan hormon yang mempengaruhi rasa kantuk sehingga akan membantu seseorang menjadi cepat tertidur. Apabila Anda tidak bisa tidur di ruangan yang gelap, Anda dapat menggunakan lampu kamar yang berukuran kecil dan pencahayaan yang temaram sehingga dapat membantu Anda cepat tertidur.

Ganti seprai, sarung bantal dan guling rutin diganti setiap periode tertentu

Seprai, sarung bantal dan guling perlu rutin diganti setiap dirasa sudah kotor. Pada saat tidur, seseorang kadang berkeringat sehingga menyebabkan seprai perlu diganti. Seprai yang kotor akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat digunakan untuk tidur sehingga seseorang akan sulit untuk tidur. Sarung bantal pun perlu rutin diganti karena sarung bantal yang kotor dapat menyebabkan seseorang rentan terkena flu atau pilek. Gangguan pernafasan seperti ini juga akan mengganggu waktu tidur.

Suasana tempat tidur yang tenang untuk meningkatkan kualitas tidur

Suasana tempat tidur yang tenang akan membuat perasaan seseorang menjadi damai. Perasaan damai ini akan membuat seseorang merasa relaks dan membantunya menjadi mengantuk. Suasana tenang yang tercipta akan membuat durasi tidur menjadi lebih lama dan berkualitas. Hal ini juga akan mengurangi kemungkinan mimpi buruk dan terbangun pada tengah malam.

Susu hangat dapat menenangkan dan menimbulkan rasa ngantuk

Minum segelas susu hangat menjelang tidur dapat dilakukan untuk membantu seseorang menjadi cepat tidur. Susu mengandung hormon trytophan yang dapat menenangkan dan membuat rasa ngantuk sehingga akan membantu tidur lebih nyenyak. Namun, jangan lupa menggosok gigi setelah meminum segelas susu hangat agar gigi tidak cepat rusak.

Membaca buku menjelang tidur membantu mengalihkan perhatian akibat sulit tidur

Dengan membaca buku sebelum tidur akan menguras konsentrasi dan energi otak sehingga otak akan merasa kelelahan. Hal ini akan membantu seseorang cepat mengantuk dan cepat tertidur. Membaca buku juga akan mengalihkan pikiran dari masalah, ketegangan, rasa penat atau kelelahan dan ketakutan akan sulit tidur.

Musik dapat menenangkan pikiran dan kecemasan

Musik yang mengalun lembut akan membantu tidur lebih nyenyak. Nada dari musik yang downtempo akan membantu untuk menurunkan tekanan darah dan tekanan jantung sehingga akan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Dengan mendengarkan musik yang mengalun lembut, waktu tidur akan lebih berkualitas karena durasi tidur yang lebih lama. Jangan lupa untuk mengatur volume suara yang kecil sehingga tidak membuat kita kembali terbangun oleh suara musik.

Olahraga 90 menit menjelang tidur membantu lebih cepat tidur

Olahraga yang dilakukan sebelum tidur akan membantu seseorang cepat tertidur dan dapat menekan stress. Stress dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Olahraga dapat meminimalisir stress sehingga pikiran dapat teralihkan. Dengan berolahraga akan membuat tubuh cepat merasa lelah sehingga seseorang akan lebih cepat tertidur.

To do list membantu menenangkan pikiran dan membantu cepat tertidur

Hal ini mungkin terlihat gampang namun cukup efektif untuk diterapkan dan dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Pikiran yang tidak tenang menyumbang banyak stress dan kekhawatiran sehingga seseorang sulit untuk tidur. Dengan membuat to do list akan membantu membuat pikiran lebih tenang sehingga beristirahat dengan tenang.