Apakah Anda pernah mengalami cacar air pada waktu kecil atau remaja? Penyakit cacar air merupakan penyakit sangat menular dan sering menjangkit penderita ketika usia muda. Cacar Air juga berkemungkinan untuk menyerang orang yang telah berumur. Pada umumnya penyakit ini hanya muncul sekali pada seseorang karena sistem imun tubuh akan melawan virus sehingga mencegahnya untuk menyerang tubuh untuk kedua kalinya.

Bila Anda telah pernah mengalami cacar air, Anda masih perlu mewaspadai penyakit yang sama. Penyakit ini timbul kembali dengan gejala yang lebih sakit dan lebih hebat. Penyakit ini dikenal dengan sebutan cacar ular atau cacar api. Penyakit ini secara ilmiah yang dikenal dengan nama Herpes Zoster. Penyakit ini disebut cacar ular karena menyebabkan luka melepuh pada kulit penderita yang menyerupai sisik ular. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan cacar api karena penyakit cacar ini menyebabkan luka yang sangat sakit seperti terbakar. Penyakit ini umumnya menyerang orang yang berusia lanjut sekitar 45 tahun ke atas, namun pada kenyataannya penyakit ini dapat menyerang segala usia.

Virus penyebab cacar ular atau cacar api adalah virus yang sama dengan penyebab cacar air. Serangan pertama virus ini pada tubuh seseorang akan menyebabkan penyakit cacar air. Serangan berikutnya mempunyai efek nyeri pada luka yang lebih hebat dibandingkan serangan pertama. Sebenarnya sistem imun tubuh telah mengantisipasi virus ini setelah seseorang mengalami cacar air. Pada saat daya tahan tubuh seseorang menurun, virus ini akan menyerang kembali dan menyebabkan penyakit cacar ular atau cacar api.

Setelah seseorang sembuh dari penyakit cacar air, virus varicella zoster akan non aktif di dalam tubuh penderita. Virus ini tidak menghilang dan tetap tinggal di dalam sistem saraf kita namun dalam keadaan non aktif. Virus ini kembali aktif di saat daya tahan tubuh seseorang menurun dan mulai menyerang melalui sistem saraf.

Pada umumnya virus ini cenderung menyerang mereka yang berusia 60 tahun ke atas, berjenis kelamin wanita, memiliki penyakit diabetes mellitus dan sering mengalami kecemasan yang berlebihan. Penderita penyakit ini akan mengalami nyeri hebat pada bagian luka yang timbul. Luka yang yang timbul pada kulit akan terlihat sedikit bengkak dan memerah. Luka disertai kulit yang melepuh dan mengandung cairan. Luka pada kulit cenderung berkumpul pada suatu daerah. Penyakit ini juga menimbulkan rasa sakit pada bagian dalam tubuh seperti di dada, perut, punggung dan juga berkemungkinan timbul di bagian tubuh lainnya. Penderita penyakit ini rentan mengalami kecemasan, sulit tidur, depresi, tidak ada nafsu makan, dan sulit bersosialisasi.

Penderita cacar ular yang telah sembuh masih dapat merasakan nyeri pasca penyembuhan. Lamanya rasa sakit yang masih terasa dapat bervariasi tergantung individu masing-masing, antara hitungan minggu hingga beberapa tahun. Pada individu tertentu, virus ini sering kembali menyerang. Hal ini menyebabkan penderita harus selalu menjaga kondisi imunitas tubuh agar virus tidak kembali menyerang. Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menghilangkan virus ini. Pengobatan penyakit ini biasanya dengan menggunakan antivirus untuk memperlambat kinerja virus, vitamin C untuk mempercepat penyembuhan serta obat pereda nyeri. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian vaksin, menjaga kebersihan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh, namun tidak menjamin untuk tidak terkena penyakit ini.