Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini kita lebih mengenal buah jeruk sebagai buah utama yang mengandung vitamin C. Namun, tahukah Anda bahwa ada buah atau sayuran lainnya yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk.

Buah atau sayuran yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk

Vitamin C sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk membantu mengurangi kelelahan, mencegah radikal bebas, membantu penyerapan zat besi, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita memerlukan vitamin C sebanyak 65-90 mg/per hari. Sedangkan jeruk memiliki kandungan vitamin C sebesar 45 mg. Berikut ini buah atau sayuran yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk:

Buah-buahan:
– nanas 48 mg
– strawberry 59 mg
– pepaya 61 mg
– kiwi 93 mg
– jambu biji 228 mg

Sayur-Sayuran:
– kembang kol 48 mg
– paprika hijau 80 mg
– brokoli 89 mg
– paprika merah 128 mg

Bila Anda kesulitan memperoleh buah jeruk pada suatu daerah atau musim tertentu, Anda bisa mengganti buah jeruk menggunakan sayur dan buah untuk mendapatkan asupan vitamin C untuk tubuh. Beberapa orang juga memiliki tingkat asam lambung yang tinggi sehingga tidak dapat mengkonsumsi buah jeruk. Buat Anda atau mereka yang memiliki tingkat asam lambung tinggi, bisa memanfaatkan sayuran dan buah sumber vitamin C untuk dikonsumsi. Jagalah kesehatan tubuh sejak dini dengan mencukupi kebutuhan akan vitamin C.