Bagi sebagian orang awam terhadap bisnis online, mereka akan bertanya “Bisnis Blogging? pendapatannya apa dengan blogging?”. Bahkan ada yang menanyakan bahwa “blogging itu apa?” Mari kita lihat lebih detilnya bagaimana caranya blog bisa menjadi bisnis.

Sejarah
Kata “blog” sebenarnya merupakan singkatan dari “weblog” yang artinya catatan atau jurnal pada sebuah website. Website ini disebut blog karena lebih mudah diucapkan. Pada awalnya blog digunakan oleh individu yang ingin menuliskan catatan harian selayaknya diary, namun catatan yang dituliskan dapat diakses oleh teman atau kerabatnya. Isi blog pada awalnya tidak jauh dari catatan pribadi tentang kegiatan dirinya dan hal baru yang ditemuinya pada saat itu.

Blog Modern
Kini Blog merupakan sebuah website yang berisi informasi yang dapat diakses oleh semua pengunjung. Informasi disajikan tidak seperti dulu dengan menuliskan catatan tentang hidup pribadi, namun menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh orang pada umumnya. Pengunjung dapat mencari informasi melalui mesin pencari dan kemudian mesin pencari akan membawa mereka ke dalam blog.

Modal
Anda pasti harus memiliki sebuah smartphone, tablet, laptop ataupun komputer PC untuk menuliskan konten. Anda juga wajib memiliki koneksi internet untuk menuliskan artikel atau informasi yang ingin Anda sajikan di dalam blog Anda.

Modal untuk membuat blog sendiri tergantung keseriusan Anda dalam membuat blog mulai dari gratisan hingga berbayar ataupun Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk membuat desain yang unik untuk blog Anda.

Pendapatan
Anda bisa menjual space iklan kepada pihak tertentu dengan tarif harian, mingguan bahkan bulanan. Namun untuk lebih mudahnya Anda bisa memasang iklan dari perusahaan jaringan periklanan, seperti: google adsense, tribal fusion, infolinks dan lain sebagainya. Pendapatan yang Anda dapatkan melalui perusahaan tersebut dihitung melalui jumlah tampilan iklan atau jumlah klik yang dicapai terhadap iklan yang tampil. Pendapatan Anda akan bertambah seiring dengan bertambahnya pengunjung ke dalam website Anda.

Mulai Berbisnis
Bila Anda pemula dan memiliki banyak waktu dan ingin belajar, silahkan membuat website blog sendiri atau menggunakan website penyedia blog seperti blogspot.com atau wordpress.com. Bila Anda memiliki budget yang cukup untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan setup website blog Anda sekaligus berkonsultasi langsung tentang bisnis blog.