Penjualan tiket pesawat, kapal laut dan kereta api menjadi semakin marak sejak tahun 2008. Tiket Perjalanan menjadi kebutuhan pokok karena hampir setiap hari sebagian besar orang membutuhkannya untuk menunjang kebutuhan hidup, contohnya: perjalanan untuk pengobatan, perjalanan bisnis, bahkan perjalanan keluarga. Kebutuhan tiket untuk melakukan perjalanan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini terlihat dari permintaan tiket perjalanan yang semakin banyak hingga beberapa rute transportasi yang persediaan tiketnya tidak mencukupi dan akibatnya banyak penumpang yang tidak dapat dilayani.

Kebutuhan tiket perjalanan kini tidak mengenal musim. Setiap hari selalu ada permintaan pembelian tiket dalam jumlah besar. Beberapa stasiun dan loket penerbangan di bandara kini tidak melayani pembelian tiket untuk perjalanan mendatang. Hal ini dilakukan karena permintaan untuk pembelian tiket di hari mendatang sangat tinggi dan mengganggu penumpang lain yang ingin membeli tiket untuk perjalanan di hari yang sama. Calon penumpang yang ingin membeli tiket untuk perjalanan di hari mendatang harus membelinya melalui loket layanan tertentu, biro perjalanan, mini market, agen penjualan tiket dan lain sebagainya.

Volume permintaan tiket yang sangat tinggi ini tentunya menjadi suatu daya tarik untuk menjalankan bisnis penjualan tiket. Kesempatan besar terbuka lebar bagi yang ingin menjalankan bisnis agen penjualan tiket perjalanan. Persyaratan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis agen penjualan tiket perjalanan ini ternyata tidak susah dan tidak membutuhkan modal besar.

Modal
Pada jaman dulu sebelum adanya layanan wholesaler ticket, setiap penjual tiket harus memiliki modal cukup besar untuk menjalankan bisnis penjualan tiket ini. Setiap pebisnis harus mengurus membership ke setiap maskapai agar mendapatkan hak untuk menjual tiket. Biaya pengurusan membership juga cukup besar dan diwajibkan untuk menyetorkan dana deposit ke setiap maskapai. Hal ini tidak memungkinkan bagi sebagian orang yang baru ingin menginjakkan kaki di dunia bisnis.

Kini beberapa ticket wholesaler telah hadir untuk memudahkan para pebisnis baru untuk menjual tiket perjalanan tanpa mengeluarkan modal besar. Mereka hanya mewajibkan untuk membayar biaya registrasi sekitar 5 juta rupiah dibandingkan cara konvensional yang mencapai lebih dari 100 juta rupiah. Hak yang didapatkan adalah hak menjual tiket hampir semua perjalanan domestik dan sebagian perjalanan ke luar negeri.

Anda juga harus memiliki komputer pribadi dan sebuah printer untuk mencetak tiket atau struk pembayaran tiket. Anda juga harus memiliki koneksi internet yang memadai untuk melakukan proses pemesanan dan pembelian tiket. Anda bisa memanfaatkan lokasi tempat tinggal Anda sebagai tempat melakukan bisnis ini.

Koneksi
Anda bisa memanfaatkan teman, kerabat, keluarga dan lainnya untuk menawarkan layanan penjualan tiket Anda. Anda bisa memberikan informasi kepada teman yang sering bertemu dengan Anda bahwa Anda kini melayani pembelian tiket. Mereka dapat merekomendasikan Anda sebagai penjual tiket kepada kerabat mereka. Berikan informasi di media sosial dan aplikasi chatting pada smartphone Anda. Anda juga bisa membuat sebuah website atau aplikasi smartphone sebagai identitas bisnis Anda serta sebagai sarana untuk booking tiket bahkan sebagai sarana transaksi.

Masa Depan
Permintaan tiket yang kian hari kian meningkat, perusahaan jasa transportasi akan kewalahan untuk menjual tiketnya sendiri karena permintaan terlalu besar sedangkan jaringan layanan penjualan tiket mereka tidak cukup untuk melayani. Jumlah armada angkutan juga semakin banyak yang ditambahkan oleh perusahan angkutan untuk memenuhi permintaan. Mereka juga menambah rute perjalanan baru untuk memenuhi permintaan. Sangat banyak faktor positif yang mendukung perkembangan bisnis ini sehingga masa depan bisnis ini masih sangat cerah.

Diversifikasi
Keuntungan penjualan tiket perjalanan ini didapatkan murni dari penjualan tiket tapi Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak produk yang dapat Anda tambahkan ke dalam bisnis Anda ini. Anda bisa menjual reservasi hotel, jasa pembuatan dokumen perjalanan, paket tour, jasa antar jemput ke bandara atau stasiun kereta api. Anda bisa menambahkan berbagai jenis produk yang berhubungan dengan bisnis agen penjualan tiket perjalanan Anda, seperti: tas perjalanan, oleh-oleh khas daerah Anda dan lain sebagainya.