WordPress.com merupakan salah satu penyedia layanan untuk blogging. Banyak juga orang yang membangun blog atau website menggunakan layanan WordPress.com. WordPress.com merupakan rival Blogger.com yang paling kuat dan keduanya memiliki kehandalan masing-masing. Blogger.com sendiri sudah dipastikan dapat memasang iklan dari Google Adsense. Namun pertanyaannya, Bisakah pasang Iklan Google Adsense di WordPress.com?

WordPress.com Memberikan layanan Blogging Gratis

WordPress.com merupakan layanan blogging dan hosting gratis, namun wordpress memberikan batasan penggunaan kepada pemilik blog. Beberapa fitur wordpress disediakan secara tidak gratis artinya pemilik blog harus membayarkan sejumlah uang untuk menggunakan fitur tersebut. Layanan blog tetap dapat dinikmati oleh blogger secara gratis tanpa batasan waktu tertentu bila tidak menggunakan fitur berbayar.

WordPress.com Pasang Iklan Untuk Membiayai Layanan Gratis

Banyak pengguna yang tidak mau menggunakan fitur premium sehingga mereka tetap dapat menggunakan layanan blogging gratis. Hal ini membuat pihak wordpress.com harus mencari penghasilan sendiri untuk mempertahankan layanan gratis mereka. Ketika mereka tidak dapat mencari penghasilan lewat fitur berbayar, mereka akan mencari penghasilan lain dengan cara pasang iklan.

Pasang Iklan Google Adsense di WordPress.com tidak diijinkan

WordPress.com sendiri memasang iklan ke dalam blog pengguna. Bila kita membangun blog menggunakan layanan wordpress.com maka berkemungkinan blog kita akan dipasangkan iklan oleh pihak wordpress.com. WordPress.com sendiri melarang pengguna blog gratis maupun berbayar untuk memasangkan iklan dari jaringan periklanan termasuk Google Adsense. Oleh karena itu, kita sendiri sebagai pemilik blog di wordpress.com tidak dapat mencari penghasilan menggunakan Google Adsense dan jaringan periklanan lainnya.

Alternatif blogging gratis pengganti wordpress.com

Bila Anda ingin menggunakan layanan blogging gratis yang bisa memasang iklan Google Adsense, lebih baik menggunakan layanan Blogger.com. Blogger.com juga menawarkan cukup banyak fitur untuk mendukung aktifitas blogging dan segala fitur yang ditawarkan dapat dinikmati secara gratis.

Instal dan jalankan wordpress sendiri

Bila Anda lebih suka fasilitas yang ditawarkan wordpress.com dibandingkan blogger.com. Anda dapat menginstal aplikasi wordpress dan mengatur sendiri blog Anda. Anda harus terlebih dahulu menyewa hosting sendiri tentunya dan hal ini mewajibkan Anda mengeluarkan uang.

Pindahkan isi wordpress.com ke wordpress pribadi

Anda yang terlanjur membangun blog menggunakan wordpress.com dapat memindahkan artikel, gambar atau video Anda ke dalam wordpress yang baru saja Anda instal. Kini Anda bisa memasang iklan pada wordpress hasil instalasi Anda.