Hingga kini masih saja banyak orang yang tidak bisa berenang. Ketakutan akan tenggelam akhirnya membuat seseorang enggan untuk berenang bahkan belajar berenang. Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa berenang atau takut berenang? Ada satu tempat yang menjadi surga buat Anda atau teman Anda yang tidak bisa berenang. Anda harus mengunjungi Laut Mati dan berenang di sana karena berenang di Laut Mati tidak akan tenggelam.

Benarkah berenang di Laut Mati tidak bisa tenggelam?

Ya benar sekali, Anda tidak mungkin tenggelam di Laut Mati. Hal ini yang menarik wisatawan manca negara untuk mengunjungi Laut Mati. Laut ini cukup luas dan tidak membuat turis untuk berenang di sana. Mereka bahkan melakukan hal-hal aneh, seperti membaca sambil berenang, berjemur, membawa payung bahkan selfie di tengah laut. Hal ini tidak mungkin dilakukan di laut lain.

Tidak tenggelam tapi bukan berarti tidak mengakibatkan kematian

Walaupun laut tersebut akan membuat orang terapung dan tidak tenggelam. Tapi manusia tetap tidak bisa bernafas di dalam air. Pengunjung yang berenang tetap harus berhati-hati, mereka harus memposisikan badannya agar tetap dapat bernafas.

Mengapa manusia tidak tenggelam di Laut Mati?

Manusia tidak tenggelam di laut, kata-kata ini seperti tidak mungkin. Karena apa yang selalu kita ketahui adalah manusia yang tidak bisa berenang akan tenggelam karena kedalaman laut tidak memungkinkan manusia memijakkan kaki. Namun hal ini tidak terjadi dengan Laut Mati. Ada apa dengan Laut Mati?

Secara ilmiah, kadar garam di dalam air Laut Mati sangat tinggi antara 32 sampai dengan 33%. Angka yang sangat tinggi bila dibandingkan kadar garam air laut rata-rata di dunia yang berada di angka 3.5%. Kadar garam pada air Laut Mati dapat dikatakan 10x lipat kadar garam di laut lain. Hal ini menjadikan massa jenis air Laut Mati menjadi lebih tinggi dibandingkan massa jenis badan manusia. Massa jenis air yang lebih berat akan tertarik oleh gravitasi ke bawah sehingga badan manusia akan tetap berada di permukaan air.

Bukti kadar garam air Laut Mati sangat tinggi

Para wisatawan juga mengaku banyak melihat pemandangan yang berbeda di Laut Mati, mereka sering melihat batu-batuan yang terselimuti oleh salju bahkan tumpukan salju. Bagaimana terjadi salju? Padahal cuaca sedang panas. Sebenarnya salju tersebut adalah endapan garam. Air laut membasahi batu-batuan kemudian air laut mengering terkena sinar matahari dan yang tersisa adalah endapan garam. Oleh karena kadar garam yang sangat tinggi sehingga endapan garam sangat mudah terbentuk.