Kita mungkin pernah mendengar dan mengerti manfaat probiotik bagi kesehatan. Probiotik memiliki kandungan nutrisi yang membantu tubuh agar tetap sehat. Ternyata, tidak hanya itu manfaat dari probiotik. Sebuah studi terbaru yang telah dipublikasikan oleh British Jurnal of Nutritions, menemukan bahwa berat badan turun berkat probiotik.

Berat badan turun berkat probiotik

Dalam studi tersebut, para peneliti asal Laval University di Quebec melakukan analisa terhadap 125 pria dan wanita obesitas. Para peneliti meminta para partisipan untuk melakukan diet penurunan berat badan selama 12 minggu diikuti dengan 12 minggu berikutnya untuk periode pemeliharaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan berat badan turun berkat probiotik.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok yang diwajibkan meminum pil probiotik atau pil plasebo

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok yang diwajibkan meminum pil probiotik atau pil plasebo. Hal ini untuk meneliti hubungan antara pil probiotik atau pil plasebo dengan penurunan berat badan.

Hasil penggunaan pil probiotik atau pil plasebo

Hasil setelah 12 minggu penggunaan pil probiotik atau pil plasebo yang telah dilakukan partisipan adalah sebagai berikut: peserta wanita yang minum pil probiotik berat badannya turun rata-rata 4,4 kg sedangkan peserta wanita yang minum pil plasebo berat badannya turun rata-rata sekitar 2,6 kg.

Hasil pemeliharaan partisipan yang menggunakan pil probiotik atau pil plasebo

Hasil setelah 12 minggu periode pemeliharaan partisipan yang menggunakan pil probiotik atau pil plasebo adalah sebagai berikut: wanita yang meminum pil plasebo tetap dapat menjaga berat badannya tetap stabil sedangkan kelompok yang meminum probiotik mengalami penurunan berat badan rata-rata sekitar 800 gram.

Hasil akhir studi

Hasil akhir studi menunjukkan partisipan pengguna probiotik memiliki bakteri penyebab obesitas lebih sedikit pada sistem pencernaan mereka. Meskipun demikian, masih disayangkan bahwa efek probiotik terhadap penurunan berat badan masih lebih signifikan pada wanita di banding pria.

Hasil penelitian ini, membuat para peneliti percaya bahwa probiotik membantu seseorang menurunkan berat badan. Probiotik dapat menurunkan daya permeabel dari dinding usus. Hasilnya juga menunjukkan lebih sedikit pula kehadiran molekul yang berhubungan dengan obesitas, diabetes tipe-2, dan intolerensi glukosa untuk masuk ke dalam aliran darah.