Kita mungkin pernah atau sering mengalami yang namanya bolak-balik ke kamar kecil. Apalagi bila kita banyak minum. Frekuensi buang air kecil akan menjadi bertambah. Akibat terlalu sering buang air kecil akan menimbulkan efek buruk bagi kita yaitu malas untuk ke kamar kecil lagi dan menunda keinginan untuk buang air kecil. Padahal dengan menunda keinginan untuk buang air kecil dapat menimbulkan rasa sakit hingga anyang-anyangan. Sebenarnya, berapa kali buang air kecil yang sehat dalam sehari?

Berapa kali buang air kecil yang sehat dalam sehari?

Zat berlebih dan Racun di tubuh akan dikeluarkan melalui air seni. Zat tersebut akan ditampung sementara di dalam kantong kemih tapi harus segera dikeluarkan bersama air seni. Jadi berapa kali seharusnya kita melakukan buang air kecil?

Kita perlu beberapa kali buang air kecil dalam sehari

Kita perlu setidaknya beberapa kali buang air kecil dalam sehari. Hal ini perlu kita lakukan untuk menghindari efek berbahaya dari kebiasaan menahan keinginan untuk buang air kecil, di antaranya: anyang-anyangan, infeksi saluran kemih, infeksi pada ginjal atau infeksi pada bagian tubuh terkait lainnya.

Kapasitas penampungan Kantong kemih

Rata-rata manusia mempunyai kantong kemih yang berukuran sekitar 0,4 liter untuk menampung air seni. Bila kita sering menahan air seni dan tidak segera membuangnya, kita akan segera merasa tidak enak di daerah perut bagian bawah. Kita akan merasakan kepenuhan hingga merasa sakit.

Normalkah sering buang air kecil?

Apabila kita senang minum, maka tidak akan heran bila kita sering buang air kecil setiap satu hingga dua jam sekali. Kita tidak perlu khawatir untuk sering buang air kecil. Selama kita tidak merasa sakit dan air seni tidak berwarna kuning pekat atau merah. Hal tersebut masih dapat dikatakan normal.

Berapa banyak urine yang harus dikeluarkan tubuh setiap kali buang air kecil?

Setiap buang air kecil, urine yang dikeluarkan tubuh sekitar 300-500 ml. Jumlah ini tentunya akan berbeda pada setiap orang. Jumlah ini diasumsikan kita minum 2-3 liter dalam sehari. Namun, angka-angka ini akan berbeda sesuai dengan berat badan seseorang dan sering atau tidaknya mereka minum air putih. Aktifitas seseorang juga mempengaruhi jumlah cairan yang akan dikeluarkan melalui air seni.