Sudah berapa banyak jenis hewan yang sudah kita kenal? Dari kecil hingga sekarang sudah berapa banyak binatang dan hewan yang pernah kita lihat dengan mata sendiri? Tentunya, sangat banyak. Mungkin kita sendiri tidak pernah menghitungnya sendiri dan apa yang telah kita liat sudah ribuan jenis. Tapi berapa banyak jenis makhluk hidup di dunia ini?

Aneka ragam makhluk hidup sangat susah untuk dikenali dan dihitung

Kita sendiri merupakan salah satu makhluk hidup di dunia ini. Setelah itu apa yang kita makan, antara lain: ayam, bebek, sapi, kambing, ikan, udang dan lainnya juga merupakan makhluk hidup. Sayur-sayuran yang kita makan seperti: bayam, sawi hijau, sawi putih, kangkung, kailan, kembang kol dan lainnya juga termasuk makhluk hidup. Buah-buahan, jamur, bakteri, serangga kecil, rumput, bunga juga termasuk makhluk hidup. Sekian banyak makhluk hidup akan sangat susah untuk mengenali dan menghitungnya.

Sistem perhitungan dan pencatatan makhluk hidup di dunia ini

Pada tahun 1700-an, seorang ahli biologi yang bernama Carl Linnaeus menciptakan sebuah sistem pencatatan terhadap semua makhluk hidup di dunia ini. Sistem pencatatan tersebut disebut sebagai sistem taksonomi. Beliau mencatat aneka ragam makhluk berdasar kemiripan fisik dan struktur organnya. Pada saat itu, beliau mampu mengumpulkan dan mencatat sekitar 1.25juta jenis makhluk hidup.

Berapa banyak jenis makhluk hidup di dunia ini

Hingga kini berdasarkan cara pencatatan taksonomi beliau, makhluk hidup yang diprediksi ada sekitar 8.75 juta jenis makhluk hidup di daratan dan 2.21 juta makhluk hidup di dalam perairan dengan total 10.96 juta makhluk hidup. Namun, dari jumlah makhluk hidup yang diketahui tersebut hanya sebagian kecil yang berhasil teridentifikasi dan tercatat yakni 1.44 juta jenis termasuk di dalamnya 1.244 juta jenis mahkluk hidup di daratan dan 194 ribu jenis mahkluk hidup di perairan.

Komposisi jenis makhluk hidup di dunia ini

Makhluk hidup di dunia ini dibagi atas beberapa kelompok besar, yaitu: hewan, tumbuhan, jamur, bakteri, protozoa, chromista dan archaea. Secara keseluruhan mahkluk hidup di muka bumi ini didominasi oleh hewan sebanyak 70%, tumbuhan sebanyak 2.8% dan jamur sebanyak 5.5% dan sisanya ditempati oleh mahkluk hidup kelompok lain. Mahkluk hidup kelompok lain juga berkemungkinan sangat banyak jenis yang belum dikenali tetapi karena ukurannya yang sangat kecil sehingga sangat sulit udah diteliti dan dikenali.

Masih banyak makhluk hidup yang belum diketahui oleh manusia

Beberapa peneliti mengatakan sangat banyak makhluk hidup yang sudah punah dan tidak dapat diidentifikasi lagi. Mereka juga mengatakan ada kemungkinan sangat banyak jenis makhluk hidup lain yang belum diketahui oleh manusia karena berada di luar jangkauan manusia saat ini.