Kita pasti pernah menahan kencing dalam waktu lama, seperti: ketika dalam perjalanan ke luar kota, menghindari kencing karena toilet yang kurang higenis, malas ke toilet atau lain sebagainya. Kita terpaksa menahan kencing karena suatu alasan tersendiri. Namun, kita perlu tahu mengenai bahaya sering menahan kencing dalam waktu yang lama.

Bahaya sering menahan kencing dalam waktu yang lama

Apakah bahaya sering menahan kencing terlalu lama? Tentu saja iya. Namun, ada situasi tertentu yang tidak memungkinkan kita untuk kencing, misalnya kemacetan lalu lintas. Hal ini mengharuskan kita untuk menunda keinginan untuk kencing. Seperti yang dikatakan sebelumnya, menahan kencing dalam waktu yang lama akan berbahaya untuk kesehatan, di antaranya: sakit menahan kencing, keracunan, anyang-anyangan, infeksi saluran kemih atau lain sebagainya.

Kebiasaan menunda buang air kencing menyebabkan kantong kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri

Kebiasaan menunda buang air kencing menyebabkan kantong kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri yang berkumpul di dalam kantong kemih dapat menimbulkan infeksi serius dan dapat menyebar hingga ke ginjal atau bagian tubuh kita yang lainnya.

Kebiasaan menunda air kencing sama seperti keracunan alkohol

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa dengan kebiasaan menunda kencing mempunyai efek yang sama seperti keracunan alkohol atau tidak tidur seharian selama terus menerus. Keadaan seperti itu akan membuat kinerja otak kita menurun dengan drastis, daya indera kita menjadi melemah, kita tidak dapat berpikir dengan jernih dan sering kali tidak bisa berkonsentrasi bahkan tidak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita. Pada saat demikian, otak kita telah terkontaminasi oleh racun yang tidak dapat dibuang melalui ginjal karena ginjal kita sudah terlalu penuh dan tidak mempunyai ruang untuk membuang racun di dalam tubuh kita. Akibatnya, racun akan beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Kebiasaan menunda kencing dapat menimbulkan kebocoran

Apabila kita menahan kencing dalam waktu yang lama, kita akan sulit untuk menahan keinginan kencing. Dalam hal ini air kencing dapat keluar dengan sendirinya tanpa bisa kita tahan. Kebiasaan menunda kencing dapat menimbulkan cedera pada otot yang menutup saluran kencing dan akibat buruknya kebocoran dapat dengan mudah terjadi karena kita tidak dapat mengendalikan otot kita untuk menutup saluran kencing.