Pernahkah Anda ingat sewaktu kecil bermain-main air hujan bersama teman masa kecil Anda? Pada saat itu rasanya pasti menyenangkan terkena air hujan secara langsung. Namun, Orang Tua biasanya akan menyuruh anaknya untuk segera mandi dan keramas dengan air hangat setelah terkena air hujan agar tidak sakit. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Air hujan pertama kali turun dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Air hujan yang pertama kali turun ini akan tercampur dengan polutan sehingga Anda disarankan tidak terkena air hujan pertama. Apalagi di daerah perkotaan dengan banyak debu kendaraan atau polusi limbah industri atau lain sebagainya. Air hujan yang pertama kali turun akan tercampur dengan segala polutan tersebut sehingga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Hujan yang turun terlalu teras dapat saja terminum secara tidak tersengaja. Bila air hujan yang terminum tersebut membawa banyak kandungan polutan dapat mengakibatkan orang tersebut sakit perut bahkan mengalami diare.

Air hujan yang telah turun beberapa hari setelah hari pertama juga harus tetap diwaspadai. Meskipun ada anggapan dalam masyarakat bahwa air hujan tersebut lebih sedikit mengandung polutan sehingga tidak membahayakan. Namun, terkena air hujan tersebut juga memiliki resiko membuat kita menjadi sakit. Hal ini dikarenakan air hujan yang turun di daerah tertentu akan menentukan lebih sedikit atau lebih banyak tercemar dengan polutan, berbeda bila air hujan turun di daerah pegunungan yang tentunya lebih bersih udaranya.

Air hujan memiliki suhu yang rendah dan membuat badan kita merasa kedinginan ketika kehujanan. Bila hanya daerah kepala kita terkena air hujan akan terjadi perbedaan suhu antara daerah kepala dengan bagian tubuh yang lain. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah di daerah kepala menjadi menyempit sehingga berkemungkinan mengakibatkan sakit kepala. Berbeda hal bila seluruh badan basah terkena air hujan. Hal ini, tidak terjadi perbedaan suhu badan antara daerah kepala dengan anggota badan lainnya. Namun bila suhu badan menjadi rendah, badan kita rentan terkena flu atau pilek.

Apabila Anda kehujanan, Anda sebaiknya langsung mandi dan keramas dengan air hangat. Air hangat dapat membantu Anda menaikkan suhu tubuh dan membantu Anda terhindar dari sakit. Mandi air dingin setelah kehujanan sangat tidak disarankan karena setelah kehujanan. Suhu tubuh menurun ketika terkena air hujan dan bila ditambah mandi air dingin, suhu badan akan turun lebih rendah lagi. Hal ini dapat menambah resiko kita terkena sakit.

Anda disarankan untuk menghindari terkena air hujan agar tidak terkena penyakit, seperti: flu, pilek, batuk, sakit kepala atau lain sebagainya. Anda juga disarankan mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti wedang jahe, sup hangat, bandrek, teh hangat atau lain sebagainya yang dapat membantu menghangatkan tubuh Anda setelah Anda terkena air hujan.