Saya yakin sebagian besar orang Indonesia mengenal salah satu jenis sayuran ini yang bernama tauge atau toge. Sayuran ini telah menjadi salah satu makanan pokok bangsa kita sejak dahulu. Bila ditelusuri kata tauge(toge/taoge) berasal dari bahasa Chinese yang artinya kecambah kacang. Bagaimana dengan cara menyebut kata tauge(toge/taoge) dalam bahasa Inggris? Mari kita simak cara menulis dan mengingat bahasa Inggris tauge – toge – taoge.

Bahasa Inggris Tauge – Toge – Taoge

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kata taoge berasal dari bahasa Chinese yang artinya kecambah kacang. Bahasa Inggris juga menyebut tauge menggunakan arti katanya kecambah dari kacang. Jadi untuk mengingat kata toge dalam bahasa Inggris kita perlu mengetahui dua kata dari kacang dan kecambah.

Kata kacang dalam bahasa Inggris biasanya kita menggunakan kata nut atau bean. Kacang yang digunakan dalam pembuatan toge biasanya adalah kacang hijau atau kacang kedelai. Dalam hal ini, kita harus menggunakan kata bean dan bukan nut.

Kata kecambah dalam bahasa inggris juga terdapat dua buah kata umum yang biasanya digunakan, antara lain: germinate dan sprout. Kata germinate biasanya lebih banyak digunakan dalam tahap awal perkecambahan dan kata sprout menunjukkan biji yang berkecambah dan mulai membesar. Untuk menuliskan kata toge kita harus menggunakan kata sprout karena kata ini lebih cocok berdasarkan artinya.

Kata toge merupakan gabungan kata kacang dan kecambah. Berdasarkan penjelasan kedua kata di atas kita harus menggabungkan kedua kata bean dan sprout. Jadi bahasa Inggris toge adalah bean sprout.

Pada beberapa kasus atau artikel kita akan menemukan kata bean sprout dan bean sprouts. Mana yang benar antara bean sprout dan bean sprouts? Kedua kata tersebut adalah benar dan penggunaannya tergantung dari situasi penggunaannya. Kata bean sprout menunjukkan sebatang toge tunggal. Sedangkan kata bean sprouts digunakan untuk menunjukkan toge yang lebih dari satu batang, contohnya beberapa batang toge, segenggam tauge atau sepiring taoge.

Saya yakin setelah Anda mengerti arti kata dari taoge, Anda akan lebih mudah mengingatnya.

Catatan: Saya mau meluruskan penjelasan mengenai kata taoge dalam bahasa Chinese. Banyak kalangan yang mengira bahwa taoge berasal dari bahasa mandarin tapi pada kenyataannya dalam bahasa mandarin membacanya menjadi tou ya. Lho koq demikian? Bangsa Chinese sama seperti bangsa Indonesia mempunyai banyak suku dan masing-masing mempunyai bahasa daerah. Kata Tao ge merupakan bahasa Chinese untuk suku Hok Kian dan Tio Ciu. Sedangkan bahasa mandarin yang merupakan bahasa nasional bangsa Chinese membacanya sebagai Tou Ya.