Kata salinitas digunakan untuk mengukur kandungan garam di dalam suatu cairan. Nilai salinitas menunjukkan jumlah kandungan garam yang terdapat di dalam air atau cairan lain. Dalam bahasa sehari-hari salinitas merupakan nilai yang menunjukkan tingkat keasinan air. Arti salinitas sendiri adalah jumlah garam yang terdapat di dalam larutan air(cairan). Garam yang terdapat di dalam larutan bukan butiran garam yang terlihat tapi garam yang sudah larut ke dalam air dan tidak terlihat oleh mata. Endapan garam yang tidak terlarut tidak dihitung sebagai salinitas air

Cara membaca nilai salinitas air

Pada umumnya nilai salinitas digunakan untuk mengukur kepekatan garam di dalam air. Nilai salinitas menunjukkan jumlah garam yang terlarut di dalam air. Pada umumnya, salinitas dihitung dalam jumlah gram garam yang terlarut dalam 1000 gram air.

Contoh: 1000 gram air yang memiliki nilai salinitas 1 artinya garam yang terdapat di dalam cairan itu adalah sebanyak 1 gram dan 999 gram sisanya adalah air.

Contohnya: air laut di dunia ini rata-rata mempunyai nilai salinitas 35. Artinya dalam 1000 gram air laut terdapat 35 gram garam yang terlarut di dalamnya.

Cairan di dalam tubuh manusia juga memiliki nilai salinitas

Tidak hanya air laut yang memiliki nilai salinitas, cairan yang terdapat di dalam tubuh manusia, seperti: darah, keringat, ludah, air seni dan air mata. Semua cairan pada tubuh manusia memiliki nilai salinitas. Pada umumnya nilai salinitas cairan tubuh manusia berkisar di angka 9, yang artinya setiap 1000 gram cairan terdapat 9 gram garam.

Garam yang terlarut di dalam air

Unsur garam yang terlarut di dalam air tidak hanya garam dapur yang kita ketahui. Garam dapur sendiri terdiri dari unsur natrium dan klorida. Ternyata ada sangat banyak jenis unsur mineral yang dapat membentuk garam jenis lain seperti: amonium, kalsium, potasiun, magnesium, florida, nitrat, carbonate, sianida dan lain sebagainya.

Arti Salinitas Air – Definisi Salinitas – Pengertian Salinitas

Semua jenis garam yang terlarut di dalam air akan menyebabkan salinitas air tersebut berubah. Semakin banyak garam yang terlarut akan menyebabkan semakin besar nilai salinitas air tersebut. Nilai salinitas merupakan suatu angka yang digunakan untuk mengukur jumlah garam yang terlarut di dalam suatu cairan.