Kata eleventh hour sebenarnya agak jarang digunakan. Namun, pada beberapa buku novel atau buku cerita kita dapat menemukan kata ini di dalamnya. Beberapa percakapan juga ditemukan menggunakan kata elevent hour ini. Namun, karena kata ini sangat jarang digunakan pada kehidupan bermasyarakat, banyak pihak yang tidak mengerti arti kata ini terutama masyarakat yang tidak berbahasa Inggris. Mari kita simak lebih lanjut mengenai arti kata eleventh hour atau maksud kata eleventh hour.

Arti Kata Eleventh Hour – Maksud – Pengertian – Makna – Definisi

Kata eleventh hour terkadang digunakan dalam suatu percakapan tapi tidak ditujukan kepada lawan bicara secara langsung. Kata ini biasanya ditujukan kepada pihak ketiga yang tidak termasuk di dalam lawan bicara. Kata ini sebenarnya merupakan suatu kata sindiran kepada suatu pihak.

Kata eleventh hour bila diterjemahkan berarti jam ke sebelas. Pada dunia kerja, jam dua belas adalah jam istirahat. Bila dihubungkan jam sebelas adalah waktu yang mendekati waktu istirahat. Namun, kata ini berarti sangat terlambat di masyarakat pengguna bahasa Inggris. Kata ini biasanya digunakan sebagai kata sindiran kepada pihak tertentu.

Contoh penggunaan kata eleventh hour

Untuk lebih mengerti tentang arti kata eleventh hour, kami memberikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata eleventh hour. Silahkan perhatikan contoh penggunaan kata eleventh hour berikut ini:

James always starts to work at the eleventh hour.
James selalu mulai bekerja pada saat waktu hampir habis.

We only study at the eleventh hour.
Kami hanya belajar pada saat-saat mau ujian.

She came to the cinema at the eleventh hour.
Dia(perempuan) datang ke bioskop ketika film hampir selesai.

Sebaiknya kata eleventh hour tidak digunakan untuk ditujukan kepada lawan bicara kita. Kata ini bersifat kasar dan sangat mungkin membuat orang menjadi merasa tersinggung. Kata ini merupakan suatu kata kiasan untuk menyindir suatu pihak.