Kata IC(dibaca ai si) merupakan singkatan dari kata I see. Kata I artinya saya dan kata see artinya melihat. Bila diterjemahkan secara langsung kata I See, artinya saya melihat. Arti kedua kata ini akan terdengar sangat janggal bila ditinjau artinya dan dihubungkan di dalam percakapan. Lantas, bagaimana arti kata IC (I See) yang sebenarnya?

Arti IC (I See) – Pengertian IC – Definisi IC

Seperti penjelasan di atas kata “I See” merupakan dua buah kata yang berarti saya melihat. Kedua kata ini akan sering kita jumpai di dalam kalimat singkat dan sederhana, seperti berikut ini:

I see the ball.
Saya melihat bola itu.

I see him falling.
Saya melihat dia terjatuh.

Selain penjelasan seperti contoh di atas, kata I see juga digunakan untuk menjawab percakapan dari seseorang. Kata “I see” memiliki arti yang sedikit berbeda dari setiap situasi di dalam percakapan.” Mari kita lihat arti kata “I See” ke dalam contoh dialog berikut ini.

Arti kata “I See” sebagai saya mengerti

Seorang ayah menjelaskan suatu masalah kepada anaknya dan kemudian anak itu menjawab “I See”. Mari kita lihat contoh percakapannya.

Ayah: “Your mom bought you a gift. You should say thank you to her.”
Anak: “I see.”
Ayah: “You should say thank you after sameone gives you something.”
Anak: “I see.”

Seorang ayah menasehati anaknya agar mengatakan terima kasih kepada mamanya yang membelikannya hadiah dan dia harus berterima kasih kepada orang yang memberinya sesuatu.

Dalam hal ini, kata “I see” dapat diartikan sebagai saya mengerti.

Kata “I See” digunakan untuk sebagai jawaban yang baik

Anderson: “Holly… I got my car crashed. It’s nightmare you know.”
Jimmy: “I See”

Anderson memberitahukan kepada temannya Jimmy, bahwa dia kecelakaan. Jimmy sebagai temannya tidak bisa berkata lain selain “I See”. Jimmy tidak dapat menjawab dengan kata yang lebih baik jadi dia hanya menjawab “I See”. Kalimat jawaban ini seperti menjawab kata “ya” dalam bahasa Indonesia.

Gunakan kata “I See” ketika kita tidak terlalu paham dengan suatu masalah

Walter: “I told him to not to touch it. He spilled something on it.. Now.. it’s all messed up”
Jessy: “I See”

Walter sedang kesal dan menceritakan temannya menumpahkan sesuatu pada barang miliknya. Jessy yang tidak tahu mengenai apa yang diceritakan dan hanya bisa menjawab “I See”. Jessy menaruh perhatian untuk mendengar keluh kesal temannya tapi dia tidak bisa berkata lain karena dia tidak mengerti.

Dalam percakapan bahasa inggris ini, kata “I see” dapat diartikan “Ooo begitu” atau “begitu ya..”.

Kata “I See” sering digunakan jawaban untuk mengikuti penjelasan seseorang

Mira: “I got a book for her but she didn’t even look at it”
Sandra: “I see”
Mira: “I told her that the book is good. It worth her time”
Sandra: “I see”
Mira: “She just walked away”
Sandra: “I see”
Mira: “I don’t know what to do anymore”
Sandra: “I see”

Mira menceritakan pada temannya Sandra bahwa dia membawakan sebuah buku untuk temannya. Temannya tidak mau peduli dan akhirnya temannya pergi meninggalkannya. Dalm percakapan tersebut. Sandra selalu menjawab dengan kata “I see” tanpa kata lain.

Kata “I see” digunakan Sandra untuk mengikuti penjelasan dari temannya Mira. Dalam hal ini, Mira bisa saja mengikuti penjelasannya dengan serius atau sebaliknya hanya mendengar keluhan temannya tanpa mengerti maksud pembicaraan tersebut. Kata “I see” dapat digunakan pada kedua kondisi yang dijelaskan.

Kata “I See” dapat digunakan dalam banyak hal

Kata “I see” dapat dikatakan sebagai kata yang serba guna artinya kata ini dapat digunakan untuk menjawab pernyataan, penjelasan, nasehat, cerita dan curhat dari seseorang. Kata ini sederhana tapi untuk beberapa orang Indonesia agak susah diucapkan karena bila diterjemahkan mereka kurang mengerti arti kata ini dengan sesungguhnya.