Setiap tahun pasti ada musim kemarau dan musim hujan. Hujan akan sering turun pada musim penghujan tapi kita tidak selalu bisa menghindarinya. Kita bisa menghindari hujan bila hujan turun sebelum kita berangkat dari rumah atau sebelum berangkat untuk pulang. Namun, ada saat tertentu kita harus tetap pergi keluar rumah walaupun hujan turun deras. Ada juga saat-saat di mana kita kehujanan di tengah perjalanan karena hujan turun secara tiba-tiba dan kita tidak bisa berteduh. Air hujan membawa dampak buruk terhadap kesehatan tapi apa yang harus dilakukan apabila terkena air hujan atau kehujanan?

Apa yang harus dilakukan apabila terkena air hujan atau kehujanan

Banyak orang yang menjadi sakit setelah terkena air hujan. Sakit yang diderita setiap orang setelah terkena air hujan memang berbeda-beda. Tapi, pada umumnya sakit yang dialami adalah sakit kepala, demam, batuk, pilek, flu, gatal-gatal dan sebagian orang yang berumur akan menderita rematik.

Mereka yang tidak menjaga diri setelah basah terkena air hujan cenderung menjadi sakit. Tidak semua orang yang terkena air hujan pasti menjadi sakit karena hal itu tergantung pada kondisi daya tahan tubuh seseorang. Bila kondisi tubuh seseorang sedang lemah maka mereka menjadi mudah sakit. Bagaimanapun juga lebih baik kita menghindari sakit daripada harus mengobati setelah sakit.

Oleh karena itu, sebaiknya kita harus melakukan tindakan pencegahan agar tidak menjadi sakit. Bila kita terkena air hujan sangat disarankan agar kita melakukan langkah-langkah berikut ini:

Segera Mandi Setelah Terkena Air Hujan

Pada umumnya ketika kehujanan suhu badan atas lebih rendah dibandingkan suhu badan di bawah. Hal ini dikarenakan daerah bagian kepala lebih dulu terkena air hujan dibandingkan daerah bagian bawah. Pembuluh darah di daerah kepala akan menyempit dan menyebabkan sakit kepala. Pada beberapa kasus, rasa sakit kepala mendalam akan berlanjut menjadi demam.

Oleh karena itu, lebih baik segera mandi setelah terkena air hujan. Mandi tanpa menggunakan air hangat juga dapat dilakukan karena ketika mandi suhu badan atas dan bawah akan menjadi sama sehingga tidak terjadi perbedaan tekanan darah pada tubuh bagian atas dan bawah. Hal ini akan menghindari kita terkena sakit kepala.

Air hujan juga membawa polusi dan bahan kimia, hal ini tentunya bisa membawa efek negatif terhadap kulit. Orang tertentu yang memiliki kulit sensitif berkemungkinan menderita penyakit gatal-gatal, kulit menjadi merah atau pecah-pecah. Penyakit kulit yang diderita bukan dikarenakan kuman penyakit tapi disebabkan oleh alergi terhadap kandungan kimia tertentu.

Berendam di dalam air hangat akan mencegah datangnya rematik

Tubuh akan kedinginan setelah kehujanan. Suhu tubuh yang menurun membuat peredaran darah tidak lancar karena pembuluh darah akan menyempit. Pada orang-orang tertentu terutama yang sudah berumur penyempitan pembuluh darah dapat mengakibatkan sakit pada punggung, pinggang, kaki, bahu dan daerah tubuh lainnya. Penyakit demikian yang sering disebut rematik.

Buat yang sudah berumur 50 tahun ke atas sebaiknya Anda berendam di dalam air hangat. Hal ini akan menaikkan dan menstabilkan suhu tubuh serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Kenakan baju hangat untuk menjaga suhu badan tetap hangat

Udara musim hujan cenderung lebih dingin. Pada saat terkena hujan tentunya badan menjadi dingin dan mudah sakit. Sebaiknya setelah terkena air hujan, kita segera membersihkan badan. Kemudian kenakan baju hangat untuk mencegah panas tubuh keluar dari badan kita dan juga untuk mencegah tubuh kita terkena udara dingin. Bila kita tidak memiliki baju hangat, selimut juga bisa digunakan untuk menutupi badan. Penggunaan selimut akan banyak membantu untuk menjaga kehangatan badan.

Minum kopi, teh, susu atau wedang panas akan menghangatkan badan

Musim hujan identik dengan musim penyakit pernafasan, seperti flu, batuk dan pilek. Hal ini disebabkan oleh kelembaban udara pada musim hujan. Orang yang terkena air hujan memiliki kemungkinan yang lebih besar terkena penyakit pernafasan.

Selepas kehujanan sebaiknya kita menghangatkan badan dengan segelas minuman hangat, seperti: susu, kopi, wedang jahe, teh dan lain sebagainya. Minuman panas akan membantu menghangatkan badan bagian atas. Hal ini akan membantu kita untuk tidak terserang penyakit pernapasan.