Oksigen memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Tubuh kita memerlukan oksigen untuk menunjang sistem respirasi dan metabolisme. Kita mungkin menganggap proses pernafasan merupakan hal yang biasa saja. Lantas, apa yang akan terjadi apabila tubuh kekurangan oksigen?

Apa yang akan terjadi apabila tubuh kekurangan oksigen

Kebutuhan akan oksigen sangat penting dalam kehidupan kita. Kita mungkin tidak mengetahui dengan jelas, sebenarnya apa yang akan terjadi apabila tubuh kekurangan oksigen? Kekurangan oksigen dapat menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan penurunan berat badan

Pada perokok berat, mereka akan mengalami penurunan berat badan yang cepat. Hal ini dikarenakan kadar karbondioksida yang meningkat dari asap rokok yang dapat menyebabkan keseimbangan oksigen menjadi terganggu. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini mempengaruhi gen leptin yang berdampak pada nafsu makan yang berkurang.

Kekurangan oksigen dalam darah dapat menyebabkan nyeri otot

Pada saat kadar oksigen dalam darah berkurang, hal ini dapat berdampak pada terganggunya fungsi otot. Kita dapat merasakan nyeri atau kejang yang umumnya terasa di bagian persendian.

Kekurangan oksigen juga dapat mengakibatkan gangguan pada mata

Dampak lain dari kekurangan oksigen dalam darah adalah terganggunya sistem penglihatan kita. Gangguan tersebut akan mengakibatkan ketajaman atau kualitas dari penglihatan kita akan berkurang.

Kekurangan oksigen dalam darah dapat mengakibatkan sianosis

Kekurangan oksigen dalam darah dapat mengakibatkan sianosis. Sianosis dapat timbul sebagai tanda kita kekurangan oksigen dalam darah. Ditandai dengan semburat kebiruan pada kulit kita. Wajah akan terlihat pucat dan sakit.

Kekurangan oksigen dalam darah dapat mengakibatkan kematian

Kekurangan oksigen dalam darah dapat mengakibatkan kematian. Kejadian ini disebabkan oleh terhambatnya oksigen yang tidak dapat terangkut melalui paru-paru ke bagian lain tubuh melalui darah. Hal ini dapat menimbulkan tekanan ekstra pada jantung dan dapat mengakibatkan serangan jantung.

Pada beberapa kasus, kekurangan oksigen akan mengakibatkan kematian pada sel otak. Jika semakin banyak sel otak yang mengalami kematian maka orang terkait sangat mungkin kehilangan fungsi tubuh tertentu. Hal ini tentunya juga akan mengancam kehidupan orang tersebut hingga mengakibatkan kematian mendadak.