Kini sering terdengar kata “Move On” di dalam pembicaraan bahasa Indonesia. Kata “Move On” ini berasal dari bahasa inggris dan merupakan gabungan kata “Move” dan “On”. Kata “Move” mempunyai arti bergerak, maju, minggir atau pindah. Sedangkan kata “On” berarti di atas, nyala atau hidup. Namun setelah digabung menjadi satu, kedua kata tersebut membuat arti sendiri. Kita sering mendengar kata itu di dalam artikel, siaran televisi dan media cetak lainnya. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui arti sebenarnya dari kata “Move On” ini. Apa itu Move On? Arti move on dan pengertian move on akan dijelaskan berikut ini:

Apa itu Move On? Arti move on dan pengertian move on

Sebenarnya kata “move on” sendiri agak susah dijelaskan karena harus digunakan pada situasi tertentu. Kami akan coba jelaskan menggunakan kata tersebut di dalam suatu situasi.

Penggunaan Kata “Move On” pada keadaan diputus pacar

Pada situasi seseorang baru putus cinta tapi dia tidak bisa melupakan mantan pacarnya tersebut. Dia sering termenung dalam kesedihan dan seorang teman menasehatinya untuk melupakan pacarnya dengan berkata, “Ayo donk, kamu jangan begini terus. Lupakan aja dia. Kamu harus Move On.”

Dalam contoh ini, kata “Move On” ini berarti untuk melupakan, meninggalkan atau melanjutkan kehidupan.

Penggunaan Kata “Move On” pada keadaan seseorang ditinggal mati keluarganya

Seorang ibu baru saja meninggal dan suaminya terlarut dalam kesedihan mendalam. Salah satu anggotanya kemudian coba menenangkan dan menyadarkan sang suami yang ditinggal istri. “Sudah yach.. Kamu harus relakan kepergian istrimu. Dia tidak akan suka melihat kamu begini. kamu harus move on demi anak-anak kamu. Sabar ya..”

Dalam contoh ini, kata “Move On” ini berarti untuk melanjutkan kehidupan atau tetap tegar. Kalau pada situasi ini kata “Move On” diartikan sebagai melupakan atau meninggalkan menjadi tidak sopan dan terdengar kasar.

Penggunaan kata “Move On” pada situasi berbahaya

Pada suatu situasi atau keadaan sangat menguntungkan. Seorang kapten menyuruh awak kapalnya meninggalkan kapal, “The situation is not good, tell them to move on”. Terjemahan dari kalimat tersebut adalah “situasi tidak baik, suruh mereka untuk move on”.

Penggunaan kata move on pada situasi ini malah berarti untuk meninggalkan kapal dan tidak untuk melanjutkan pekerjaan di kapal.

Arti kata move on

Berdasarkan penjelasan dan contoh di atas kata “Move On” bisa berarti melupakan, meninggalkan, merelakan, mengikhlaskan dan melanjutkan kehidupan. Arti kata move on yang tepat harus disesuaikan dengan kalimat dan situasi pada saat digunakan.