Google Adwords adalah sebuah layanan google yang lebih jarang dikenal oleh pengguna internet dibandingkan Google Adsense. Google Adwords merupakan layanan Google kepada perusahaan atau pemilik website yang ingin memasang iklan di dalam jaringan periklanan Google. Google Adwords jarang dikenal oleh pengguna internet biasa karena kebanyakan pengguna internet hanya memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Google Adwords lebih dikenal oleh kalangan pebisnis yang memperkenalkan produk atau layanan mereka melalui jaringan informasi di internet.

Google membangun jembatan jaringan periklanan di internet malalui layanan Google Adwords dan Google Adsense. Google Adwords berfungsi untuk menerima iklan yang akan ditayangkan pada jaringan periklanan sedangkan Google Adsense berfungsi untuk menayangkan iklan yang diterima pada situs yang menggabungkan diri. Iklan yang diterima oleh Google Adwords akan disalurkan ke Google Adsense untuk ditayangkan.

Alasan Beriklan di Google Adwords

Google Adwords memiliki banyak keunggulan dibandingkan perusahaan pesaing lainnya. Salah satu keunggulan Google Adwords yang disukai oleh pebisnis adalah target market yang tepat dan penyesuaian biaya periklanan. Google menyediakan pengaturan yang cukup lengkap untuk mengatur cara menerbitkan iklan, seperti: iklan hanya diterbitkan pada negara tertentu, area tertentu bahkan kota tertentu, bahasa pada situs yang ingin diterbitkan, perangkat tertentu yang dapat menampilkan iklan, variasi atau perputaran iklan, penjadwalan tanggal terbit iklan, waktu terbit iklan dan pembatasan biaya periklanan.

Pebisnis lebih memilih jaringan periklanan Google karena jaringan Google Adsense yang akan menerbitkan iklan sangat luas dan iklan yang ditampilkan lebih tepat pada target market. Iklan yang ditampilkan juga sangat relevan terhadap informasi yang ditampilkan di dalam situs peserta Google Adsense. Pemasang merasa lebih puas karena usaha dan biaya periklanan yang telah dikeluarkan lebih bernilai guna, iklan yang diterbitkan menyasar tepat pada target market.

Pemasang iklan dapat memilih biaya periklanan mereka. Biaya iklan ditentukan melalui satuan hitungan. Google Adwords menawarkan dua jenis satuan hitungan biaya iklan, yaitu: hitungan perklik dan hitungan setiap 1000 kali tampilan. Pemasang iklan dapat memilih salah satu cara perhitungan biaya iklan yang disediakan. Hal ini tentunya disesuaikan dengan preferensi pemasang iklan. Pemasang iklan juga dapat menentukan nilai iklan yang akan dibayarkan persatuan hitungan untuk setiap kata kunci pada informasi yang menampilkan iklan.