Google merupakan perusahaan yang hidup dari jasa periklanan. Google menerima sangat banyak iklan untuk diterbitkan setiap harinya dari berbagai pihak. Google sendiri tidak mampu menayangkan iklan yang diterima dari sekian banyak pihak. Oleh karena itu, Google membuat sebuah layanan untuk menerbitkan iklan pada konten pihak ketiga dan diberi nama Google Adsense. Melalui layanan ini, Google berbagi hasil dengan pihak penerbit iklan sesuai dengan jumlah dan konten iklan.

Kini banyak yang memanfaatkan layanan periklanan Google ini untuk mencari penghasilan. Banyak pihak yang membangun blog dan website informasi untuk menerbitkan iklan menggunakan layanan Google Adsense. Penghasilan yang dihasilkan melalui Google Adsense ternyata cukup menakjubkan. Menurut pengakuan beberapa blogger yang telah berhasil mereka mampu mengantongi uang hingga puluhan ribu dollar dalam sebulan. Nilai ini setara dengan ratusan juta rupiah dalam sebulan. Namun, hal ini tergantung pada kualitas konten pada website dan jumlah pengunjung yang mengunjungi website.

Google menyatakan semua pihak bisa ikut berpartisipasi dalam program ini. Namun demikian, Google tetap memberikan batasan syarat dan ketentuan untuk mengikuti program ini. Apa saja persyaratan untuk mengikuti layanan Google Adsense:

Usia Peserta

Layanan Google Adsense merupakan layanan yang berhubungan dengan mencetak penghasilan. Oleh karena itu, Google menetapkan usia legal bagi seseorang untuk mengikuti layanan Google Adsense adalah 18 tahun. Persyaratan ini ditetapkan untuk menghindari pelanggaran hukum di suatu negara yang memberikan larangan kepada orang yang tidak cukup usia untuk mencari penghasilan.

Bila Anda belum berusia 18 tahun, silahkan bersabar untuk menunggu kematangan usia Anda. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena Anda bisa mempelajari seluk beluk untuk mengikuti program ini dan menyiapkan website Anda sambil menunggu kematangan usia Anda.

Umur Website

Selain umur Anda, Google juga memberikan persyaratan terhadap umur website. Website Anda harus telah berumur 6 bulan atau lebih. Google akan menilai keseriusan Anda dalam membangun website dan merawat website. Namun hal ini merupakan ujian serius apabila Anda berencana menjadikan Google Adsense sebagai penghasilan utama Anda. Anda harus melewati lebih dari setengah tahun tanpa penghasilan apabila Anda belum memiliki penghasilan lain dan website Anda baru Anda bangun.

Bahasa Konten

Google juga memberikan persyaratan terhadap bahasa konten(isi) website. Google hanya mengijinkan bahasa tertentu pada website untuk mengikuti program ini. Google ingin menjamin penerbitan iklan yang relevan terhadap konten website kita. Dalam hal ini Google menetapkan hanya website dengan bahasa tertentu yang dapat menayangkan iklan Google. Kabar baik untuk kita adalah website dengan Bahasa Indonesia telah diijinkan untuk memasang iklan dari pihak Google sejak tahun 2012.

Jumlah Konten

Tingkat keseriusan Anda dalam membangun website juga dinilai dari jumlah konten di dalam website Anda. Google sendiri menyatakan bahwa jumlah konten pada sebuah website untuk mengikuti program Google Adsense adalah 5 halaman. Namun pada kenyataannya, Google banyak menolak keikutsertaan sebuah website dalam program Google Adsense karena jumlah konten hanya 5. Jumlah konten dinilai terlalu sedikit.

Kualitas Konten Website

Kita juga harus memasukkan konten yang berkualitas di dalam website yang akan kita pasangkan iklan Google. Hal ini akan menambahkan nilai positif pada saat website kita divalidasi. Kita harus memasukkan konten yang cukup panjang pada setiap halamannya.

Original

Google menghormati hasil karya setiap orang termasuk karya kita. Google juga mengaharapkan agar kita akan menerbitkan konten asli hasil karya kita sendiri di dalam website kita. Anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan hasil karya orang lain ke dalam website Anda kecuali hasil karya tersebut telah diberikan ijin secara umum atau secara khusus. Hasil karya tersebut termasuk hasil design, tulisan, gambar, foto, hasil ilustrasi, video dan lain sebagainya.

Legal

Google juga mengharuskan website peserta tidak mengandung konten yang melanggar hukum, menyebarkan isu sara, menyebarkan kebencian dan lain sebagainya. Anda harus memastikan website Anda tidak mengandung hal-hal yang berhubungan dengan pornografi, narkotika, perbudakan, pembajakan software ataupun hardware, cara melakukan tindakan kejahatan atau hal lainnya.

Pembayaran

Buat Anda yang telah berhasil mendaftarkan diri di dalam program Google Adsense. Google akan memvalidasi alamat Anda untuk melakukan pembayaran. Google juga menetapkan jumlah pembayaran minimum adalah 100(seratus) dollar. Bila penghasilan Anda telah terkumpul sebanyak 100 dollar baru akan dikirimkan. Bila penghasilan iklan Anda kurang dari 100 dollar maka penghasilan Anda akan diakumulasikan pada bulan berikutnya hingga penghasilan Anda mencapai nilai 100 dollar.

Layanan penerbitan iklan ini telah lama berjalan dan kini menjadi sebuah penghasilan utama google. Google mengaku telah membayar peserta Google Adsense hingga milyaran dollar dalam waktu setahun. Google menggunakan layanan western union untuk melakukan pembayaran kepada peserta Google Adsense khususnya peserta yang berasal dari Indonesia. Google juga menawarkan cara pembayaran lain seperti: cek dan transfer bank. Namun, cara pengambilan dana melalui Western Union merupakan cara termudah menurut pengalaman para blogger.