Saat ini banyak terdengar kata blogger.com di dunia internet. Blogger.com bukan sesuatu yang baru di dunia internet. Bila Anda pendatang baru di dunia blogging, Anda wajib mengetahui tentang blogger.com. Blogger.com merupakan sebuah sarana dalam bentuk sistem yang memberikan layanan publishing(penerbitan) informasi atau catatan kepada masyarakat dunia. Dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti, Blogger merupakan penyedia fasilitas untuk melakukan aktifitas blogging. Kita dapat membangun sebuah blog atau lebih menggunakan layanan Blogger. Mari kita kenal lebih jauh mengenai Blogger.

Pendiri
Blogger pada awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs namun kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Google kemudian menggratiskan semua fitur yang dulunya berbayar. Kini setiap orang dapat memiliki hingga 100 blog menggunakan sebuah akun Google. Bila Anda ingin membangun blog pribadi maupun blog untuk bisnis Anda, Anda bisa menggunakan layanan Blogger.

Gratis
Blogger memberikan kesempatan kepada masyarakat dunia untuk memulai usaha blogging tanpa ada biaya yang harus dibayarkan. Blogger juga tidak membatasi jumlah pengunjung dan jumlah konten yang diisi ke dalam blog. Anda bebas menggunakan sarana Blogger tanpa perasaan khawatir akan dikenakan biaya suatu hari nanti.

Tampilan
Blogger menyediakan beberapa jenis tampilan standar untuk digunakan. Kita dapat menggunakan tema tampilan blog yang disediakan oleh pihak ketiga untuk digunakan di dalam blog kita. Kita juga dapat mengubah tampilan tema blog baku maupun tema blog pihak ketiga namun hal tersebut membutuhkan pengetahuan teknis mengenai tata cara pengaturan dan pengkodean menggunakan XML, HTML dan CSS.

Widget
Blogger menyediakan berbagai jenis widget untuk menghias dan melengkapi tampilan di dalam blog kita. Kita dapat mengkombinasikan semua widget yang disediakan agar pengunjung blog kita lebih mudah untuk mencari informasi yang terkandung di dalam blog kita.

Alamat blog
Google juga mempunyai penyedia domain untuk blog yang kita bangun melalui Blogger. Google memberikan layanan domain gratis melalui Blogspot.com. Anda dapat memilih alamat blog yang sesuai dengan nama blog Anda. Blogspot memberikan subdomain gratis untuk digunakan sebagai alamat blog Anda, seperti:
blog-saya.blogspot.com
blog-baru.blogspot.com
informasi-saya.blogspot.com
dan lain sebagainya.

Anda juga mempunyai pilihan untuk memasangkan sebuah domain ke dalam akun blog Anda di blogspot. Hal ini akan memudahkan pengunjung Anda mengingat nama blog Anda, contoh:
blog-saya.com
blog-baru.com
informasi-saya.com

Penggunaan domain sebagai alamat blog tentunya perlu didaftarkan sendiri dan memerlukan biaya penggunaan setiap tahunnya. Hal ini merupakan pilihan dan bukan kewajiban. Google tidak memungut biaya tambahan bila Anda ingin memasangkan sebuah domain ke dalam blog Anda. Hal ini tidak gratis bila Anda menggunakan layanan rival Blogger yaitu WordPress.com.

Hosting dan sistem
Blogger menggunakan sistem CMS khusus untuk blog yang diberi nama blogger. Sistem ini hanya dapat digunakan dan tidak dapat diperoleh dengan cara download dan sebagainya. Sistem blogger ini telah terinstal di dalam server milik Google sehingga Anda tidak perlu menyewa hosting untuk menjalankan aktifitas blogging.

Penghasilan
Google juga menawarkan pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang dibangun menggunakan layanan Blogger. Pemilik blog dapat mengajukan akun Google Adsense untuk menempelkan iklan di dalam blog. Blog Anda akan dibayar sesuai dengan jumlah iklan yang ditampilkan ke pengunjung blog Anda. Namun demikian, Anda harus memastikan bahwa blog Anda tidak mengandung tulisan atau material yang melanggar hukum, seperti: software bajakan, tulisan yang berbau sara, pornografi, obat terlarang, tulisan yang mengajarkan hal-hal melanggar hukum dan lain sebagainya. Hal ini juga termasuk pembajakan konten website atau tulisan yang terlisensi, seperti: tulisan hasil jiplak dari website lain, lirik lagu, tulisan hasil jiplak dari majalah, buku tertentu, gambar atau foto yang bukan milik sendiri, gambar atau foto yang terlindungi hak ciptanya dan lain sebagainya.