Kini blog sangat populer untuk kaum netter. Namun bagi sebagian orang awam masih bertanya-tanya tentang “Apa sih blog itu?”. Memang kata “blog” sekarang ini sudah menjadi suatu hal yang umum untuk kaum muda, namun kata “blog” ini tetap asing untuk kalangan setengah baya ke atas atau kaum muda yang baru belajar.

Arti Blog sebenarnya adalah sebuah singkatan dari kata “weblog” yang artinya catatan pada jaringan. Jaringan ini adalah media untuk menghubungkan data atau informasi yang dikirimkan dari perangkat komputer, smartphone, tablet pc atau perangkat lainnya. Jaringan ini tidak lain adalah internet. Jaringan ini tentunya tidak dapat menyimpan data seperti catatan pada blog. Catatan ini merupakan serangkaian data yang disimpan ke dalam sebuah komputer server dalam bentuk website. Komputer server ini terhubung ke dalam jaringan(internet) sehingga dapat diakses oleh pengguna menggunakan perangkat masing-masing. Jadi blog dapat dikatakan sebagai sebuah website yang digunakan untuk menyimpan catatan atau informasi yang dapat diakses oleh semua orang.

Isi Blog
Seperti yang telah dijelaskan, blog adalah sebuah website catatan. Catatan ini dapat diisi dengan sesuka hati oleh pemilik blog. Catatan ini bisa saja mengandung informasi pribadi yang mungkin tidak berguna untuk orang lain, namun ada blog yang berisi umum yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung blog.

Siapa Pemilik Blog
Siapa pun bisa saja menjadi pemilik blog seperti saya, Anda, saudara Anda atau siapa saja. Siapa pun bisa memiliki sebuah blog untuk menuliskan informasi di sana. Setiap orang yang memiliki informasi atau catatan untuk disebarkan secara gratis bisa mengisinya ke dalam sebuah blog.

Manfaat Blog untuk pengguna internet
Kehadiran blog yang berisi informasi bermanfaat tentunya sangat bernilai positif untuk pengguna internet yang membutuhkannya. Pengguna internet dapat menemukan informasi yang dibutuhkan pada sebuah blog melalui mesin pencari. Bertambahnya blog yang memuat informasi bermanfaat tentunya pengguna internet dengan lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Cara Membuat Blog
Website untuk blog dapat mudah untuk dibuat melalui beberapa website penyedia blog seperti blogspot.com, wordpress.com, tumblr.com dan lain sebagainya. Anda juga dapat membuat sebuah blog dengan melakukan instalasi program blog atau menggunakan jasa pihak ketiga.

Usaha yang paling berat adalah pada tahapan pembuatan informasi untuk diisikan pada blog. Usaha untuk memuat informasi tentunya sangat menyita waktu dan tenaga. Seorang blogger(pemilik blog) harus mengumpulkan data atau informasi yang ingin dituliskan hingga lengkap untuk dituliskan. Blogger juga harus menuliskan informasi tersebut ke dalam rangkaian kata-kata yang dapat mudah dimengerti oleh pengunjung. Informasi yang dituliskan tentunya harus dapat dipertanggung jawabkan.

Keuntungan pemilik Blog
Anda memiliki sebuah blog yang memuat informasi untuk orang banyak tentunya blog Anda akan dikunjungi oleh peminat informasi. Dengan demikian Anda bisa memanfaatkan blog Anda untuk:
1. Promosi Produk atau Jasa Anda.
2. Sewakan space iklan untuk pihak ketiga.
3. Jual produk Anda sendiri.
4. Jual produk afiliasi
5. Terbitkan iklan yang berasal dari perusahaan jaringan iklan.
6. Jual informasi special Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan blog Anda untuk hal-hal positif lainnya yang tidak tersebutkan di sini.