Hingga saat ini masih sangat banyak orang di sekitar kita yang tidak bisa berbahasa Inggris. Kehidupan bermasyarakat di Indonesia tidak pernah mengharuskan kita untuk mampu berbahasa Inggris. Oleh karena itu, banyak orang masih terdiam tidak mau mengambil langkah untuk belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah diajarkan di semua sekolah tapi masih banyak siswa yang tidak menganggap serius pelajaran itu. Banyak siswa menganggap bahwa pelajaran bahasa inggris hanya suatu formalitas untuk belajar untuk lulus ujian. Hal ini juga banyak disetujui bahkan didukung oleh orang tua murid. Namun pada kenyataan hidup ini, sangat banyak alasan belajar bahasa Inggris. Hal ini akan Kami bahas pada artikel ini.

Alasan untuk belajar bahasa inggris – Mengapa harus belajar?

Pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia, kita sangat jarang merasakan kebutuhan untuk berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kita membiarkan kesempatan untuk belajar terlewati. Padahal setelah kita teliti, negara kita semakin bergerak menuju ke arah perdagangan global. Kini semakin banyak orang asing yang melakukan investasi di Indonesia. Kita mungkin akan dituntut untuk bisa berbahasa Inggris nantinya. Tapi di luar perkembangan ekonomi, masih terdapat sangat banyak alasan untuk belajar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional

Bahasa Inggris digunakan di sangat banyak negara, seperti Amerika, Inggris, Australia, Singapura, India, Hongkong, Mexico, Kenya, Afrika Selatan dan masih banyak lagi. Kini dapat dikatakan hampir semua negara mengajarkan bahasa Inggris di sekolah. Pengetahuan untuk berbahasa inggris menjadi suatu keharusan nantinya.

Bahasa Inggris diakui dunia sebagai bahasa yang standar untuk berkomunikasi antar negara. Bila kita mampu berbahasa Inggris tentunya hal ini menjadi salah satu kelebihan kita. Kita mampu berkomunikasi dengan orang yang berasal dari negara lain.

Kemampuan berbahasa Inggris membantu dunia karir

Di dalam dunia karir, seorang pekerja yang mampu berbahasa Inggris akan lebih dihargai. Mereka yang mampu berbahasa Inggris mempunyai kesempatan untuk menduduki jabatan yang lebih baik. Perusahaan akan menunjuk orang-orang yang mampu berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis yang menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi salah satu penilaian pada saat melamar kerja. Kemampuan berbahasa Inggris membuat diri kita dibayar dengan gaji lebih tinggi. Kemampuan berbahasa Inggris akan membuka kesempatan yang lebih baik di dunia karir.

Bahasa Inggris adalah jembatan pengetahuan

Banyak pengetahuan yang berasal dari luar negeri. Pengetahuan baru banyak yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Bila kita tidak bisa berbahasa Inggris, kita harus menunggu sampai ada pihak yang membawa ilmu tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Lain hal, bila kita mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, kita bisa langsung mendapatkan ilmu tersebut tanpa harus menunggu penerjemah.

Bahasa Inggris digunakan pada saat kita berwisata ke luar negeri

Bila kita berwisata ke luar negeri, kita dituntut untuk berkomunikasi dengan penduduk di sana. Kita tidak bisa mengharapkan mereka menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan kita. Bila kita tidak menguasai bahasa Inggris, kita pasti akan mengalami kesulitan untuk menanyakan suatu hal.

Contoh: Kita akan kesulitan menanyakan kandungan suatu masakan karena kita tidak mengetahui cara masak mereka dan kita tidak tahu bahwa makanan tersebut halal atau tidak.

Bahasa Inggris penting di dalam keluarga

Setiap keluarga akan dikaruniai dengan generasi penerus. Orang tua akan diharapkan untuk mampu mengajar anaknya dan hal ini tidak luput dari pelajaran bahasa Inggris. Ketika seorang anak menemukan kesulitan pada pelajaran bahasa Inggris, mereka tentunya akan menanyakan kepada orang tua. Sebagai orang tua, kita seharusnya mampu menjelaskan kepada anak kita. Hal ini dikarenakan kita adalah satu-satunya harapan anak kita.

Catatan pribadi: Saya dikaruniai seorang kakak ipar bule dan keluarga saya dapat dikatakan semua tidak bisa berbahasa Inggris. Beruntungnya saya sedikit bisa berbahasa Inggris dan akhirnya saya menjadi penerjemah di dalam keluarga.

Mulai sekarang jangan remehkan bahasa Inggris. Ayo belajar bahasa Inggris sebelum kita membutuhkan. Belajar bahasa Inggris tidak instan dan membutuhkan waktu. Ayo mulai dari sekarang. Buat yang ingin belajar bahasa Inggris, kami memiliki 2 artikel cara belajar bahasa Inggris yang sangat menarik

Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah
Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Cepat Dan Efektif