Toko kelontong ternyata mendapatkan saingan berat dari minimarket. Kini berbagai minimarket turut hadir meramaikan pasar penjualan ritel. Masyarakat kini juga menjadi terdidik untuk berbelanja di minimarket. Di beberapa daerah tertentu, toko kelontong konvensional sudah jarang terlihat. Banyak toko kelontong yang gulung tikar karena kalah bersaing dengan minimarket yang hadir di dekat mereka. Sebenarnya apa yang menjadi alasan orang suka berbelanja di minimarket dibandingkan toko kelontong?

Alasan orang suka berbelanja di minimarket dibanding toko kelontong

Toko kelontong tradisional ternyata kalah bersaing dengan toko ritel modern yang sekarang semakin menjamur di dalam masyarakat. Kekalahan di dalam persaingan ini ternyata cukup banyak alasan di dalamnya.

Minimarket hadir dengan ruangan berAC

Kenyamanan yang ditawarkan oleh minimarket adalah hawa sejuk di dalam arena berbelanja ternyata cukup menjadi suatu daya tarik kepada masyarakat. Banyak masyarakat setempat sengaja untuk berbelanja di sana dengan alasan “bisa ngadem” di dalam ruangan AC. Suasana sejuk membuat pengalaman berbelanja menjadi menyenangkan. Mereka bisa bersantai untuk melihat produk-produk yang dipajang sambil “ngadem”.

Minimarket mempunyai rak pajangan yang bersih dan rapi

Setiap rak pajangan di minimarket selalu terawat bersih. Barang yang dipajang selalu tersusun rapi. Hal ini membuat kesan produk yang dijual lebih baik padahal produk yang dijual mempunyai kualitas yang sama dengan produk yang dijual di toko tradisional.

Tempat berbelanja yang bersih dan terhindar dari debu

Minimarket menawarkan tempat berbelanja yang bersih. Walaupun lokasi minimarket berada di tepi jalan. Ruangan berbelanja tertutup rapat sehingga debu di jalan tidak masuk ke dalam ruangan. Produk yang dijual juga tetap bersih dan mempunyai kesan higenis. Hal ini membuat konsumen mereka tidak segan untuk membawa putra-putri mereka untuk berbelanja di sana.

Minimarket mempunyai pencahayaan yang terang

Suasana berbelanja di minimarket selalu cerah baik siang maupun malam. Minimarket disertai lampu penerangan yang super terang dan hal ini tentunya membawa sebuah suasana yang berbeda dibanding berbelanja di toko konvensional.

Konsumen dapat mengambil dan memilih barangnya sendiri

Salah satu perbedaan jelas antara toko konvesional dan minimarket adalah pada proses berbelanja. Di toko kelontong, Penjaga toko akan mengambilkan barang belanjaan konsumen sedangkan di minimarket, pembeli mengambil dan memilih barang belanjaannya sendiri. Berbelanja di minimarket, konsumen dapat dengan santai mengambil dan memilih barang belanjaannya sendiri.

Konsumen mendapatkan kepastian harga di minimarket

Toko kelontong dikelola dengan cara tradisional dan hal ini sering mengakibatkan penjual lupa dengan harga barang yang akan dijual dan menyebabkan harga jual barang terkadang berubah-ubah. Hal ini tidak terjadi bila berbelanja di minimarket. Semua harga telah tertera di rak barang dan tercatat di dalam komputer kasir. Konsumen akan mendapatkan harga barang yang konsisten setiap kali berbelanja. Hal ini juga merupakan sebuah sisi positif untuk konsumen karena mereka tidak harus selalu menanyakan harga suatu barang karena harga barang sudah tercantum di rak barang. Pembeli dapat dengan mudah membandingkan harga barang sejenis untuk menentukan barang yang akan dibeli.

Minimarket sering menawarkan promo khusus

Minimarket dikelola secara profesional dan mereka memiliki tim marketing untuk menarik perhatian konsumen. Mereka akan menawarkan promo untuk berbelanja produk tertentu di setiap periode. Hal ini menjadi suatu daya tarik mereka untuk mencari calon konsumen dan hal ini tidak pernah dilakukan oleh pelaku bisnis tradisional.

Kantong plastik belanja minimarket berkualitas lebih baik

Kantong plastik yang didapatkan untuk membawa pulang barang belanjaan di minimarket berwarna putih. Warna putih yang digunakan mempunyai kesan lebih baik dibandingkan kantong plastik yang berwarna hitam yang didapatkan ketika berbelanja di toko kelontong. Bahan dasar yang digunakan membuat kantong plastik putih memang menggunakan bahan yang lebih baik selain itu kantong plastik yang diberikan oleh minimarket lebih tebal dan lebih kuat. Secara keseluruhan kantong plastik yang diberikan minimarket bermutu lebih tinggi dibandingkan kantong plastik hitam.

Minimarket terletak pada wilayah strategis

Hampir setiap lokasi di mana minimarket berada, lokasi tersebut merupakan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Hal ini akan mendatangkan konsumen yang lebih banyak ke minimarket.

Kemudahan dan kenyamanan tempat parkir

Jika diperhatikan setiap minimarket menyediakan tempat parkir yang nyaman kepada konsumen. Konsumen yang datang ke lokasi dapat dengan mudah memarkirkan kendaraan yang mereka bawa. Tempat parkir yang disediakan sudah tertutup dengan bata atau semen sehingga roda kendaraan yang parkir tidak terkena tanah. Konsumen juga merasa nyaman karena mereka tidak khawatir untuk berjalan di atas tanah yang becek menuju tempat berbelanja.

Minimarket menawarkan sangat banyak kenyamanan yang tidak didapatkan ketika berbelanja di toko kelontong tradisional alias warung. Apakah toko kelontong mampu bersaing dengan minimarket? Hal ini tentunya tergantung dari pemilik toko kelontong yang bersangkutan. Toko kelontong harus bangkit dari ketertinggalan mereka agar mereka siap bersaing dengan minimarket.