Kehadiran internet beserta berbagai media sosial, toko online, market place dan aplikasi pengiriman pesan membangun tren berbelanja online. Kini belanja online merupakan salah satu pilihan untuk masyarakat pengguna internet. Hal ini terbukti dengan jumlah transaksi online yang semakin hari semakin banyak. Hal ini juga mengundang berbagai pihak ikut mengambil kesempatan sebagai penjual online. Mengapa penjualan online semakin ramai? Apa Alasan orang lebih memilih berbelanja online?

Lalu lintas
Berbelanja secara konvensional tentunya harus menempuh perjalanan menuju tempat berbelanja. Lalu lintas di semua daerah kini semakin padat dan timbul banyak hambatan di dalam perjalanan. Hal ini membuat masyarakat enggan untuk melakukan perjalanan pada saat keadaan tidak mendesak. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi masyarakat beralih untuk berbelanja secara online.

Biaya Perjalanan
Dalam hal melakukan perjalanan untuk berbelanja tentunya tidak terlepas dari biaya perjalanan. Apalagi bila perjalanan yang dilakukan cukup jauh. Mereka yang ingin berbelanja harus menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perjalanan tersebut. Bila barang yang ingin dibeli jumlahnya sedikit mereka akan mempertimbangkan untuk berbelanja secara online. Mereka akan memilih untuk membayarkan sejumlah biaya pengiriman yang jatuhnya jauh lebih murah dibandingkan harus berbelanja sendiri menuju tempat berbelanja.

Waktu
Selain keadaan lalu lintas dan biaya perjalanan, seseorang yang ingin berbelanja ke tempat berbelanja tentunya harus meluangkan waktu melakukan perjalanan. Bila dihadapkan dengan waktu bekerja maka keinginan berbelanja tersebut tidak dapat diwujudkan. Ada kalanya toko yang menjual barang yang diinginkan tidak buka pada akhir pekan dan hari libur. Hal ini mengharuskan mereka mencari solusi berbelanja melalui toko online dan sebagainya.

Lokasi
Lokasi tempat tinggal sebagian masyarakat jauh dari pusat perbelanjaan. Hal ini tentunya membuat mereka yang ingin berbelanja harus meninggalkan rumah hampir seharian untuk berbelanja. Tentunya mereka juga mempertimbangkan untuk meninggalkan keluarga di rumah dan meluangkan sejumlah biaya untuk melakukan perjalanan. Kehadiran internet dan sistem berbelanja online merupakan solusi yang sangat baik untuk mereka. Mereka dapat menghemat banyak waktu dan biaya untuk berbelanja.

Ketersediaan Barang
Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan pembangunan di setiap daerah tidak merata. Hal ini menyebabkan barang tertentu tidak dapat diperoleh di daerah tertentu. Beberapa jenis barang harus dipesan terlebih dahulu kepada penjual dan barang akan tersedia setelah beberapa minggu ke depan. Hal ini menyebabkan konsumen tidak dapat mengandalkan penjual lokal. Mereka mencari solusi untuk mendapatkan barang dengan lebih mudah dan lebih cepat. Mereka akan mulai beralih untuk berbelanja secara online.

Harga
Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat perbedaan harga pada barang yang sama di antara beberapa toko. Sebagai konsumen tentunya lebih suka untuk membeli barang yang harganya lebih murah. Mereka akan berupaya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa penjual online menawarkan barang tertentu dengan harga lebih murah dibandingkan di toko lokal. Hal ini tentunya menarik perhatian konsumen untuk berbelanja secara online

Alasan Pribadi
Berbelanja online tentunya tidak hanya didasarkan pada kebutuhan. Mereka memiliki alasan pribadi untuk berbelanja online, seperti mereka membelikan kado atau hadiah sebagai kejutan untuk keluarga atau orang yang mereka sayangi. Beberapa kalangan juga malu untuk berbelanja barang tertentu secara pribadi, contoh: seorang pria membelanjakan pakaian wanita sebagai hadiah untuk kekasihnya, perlengkapan lawan jenis, obat kulit, obat penumbuh rambut dan lain sebagainya yang berhubungan dengan alasan pribadi.