Kini banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan atau berpromosi secara online, seperti aplikasi chatting, media sosial, forum dan lain sebagainya. Pebisnis online pun sekarang menjadi “manja” karena mereka cukup senang dengan segala fitur yang terdapat pada media yang digunakan. Mereka dapat berjualan tanpa harus memikirkan hal teknis untuk memiliki sebuah website. Hal ini yang membuat mereka tidak mempedulikan manfaat yang didapatkan ketika mereka mempunyai website sendiri. Berikut ini adalah alasan bahwa bisnis Online Harus Memiliki Website:

Fokus
Sejalan dengan perkembangan jaman, semakin banyak juga pihak yang menghadirkan media baru untuk bersaing dengan penyedia media yang lebih dulu menginjakkan kakinya. Sebagian pengguna media lama akan mencoba media atau aplikasi baru yang menawarkan fitur baru akhirnya konsentrasi penggunaan media oleh pengguna menjadi terpecah fokusnya. Jumlah pelanggan Anda pada suatu media akan turun sehingga hal ini mengharuskan Anda ikut berpetualang menggunakan media baru untuk menjaring kembali pelanggan Anda. Hal ini membuat konsentrasi bisnis Anda terpecah. Bila Anda telah menghadirkan sebuah website sebelumnya, Anda akan mampu menjaring pelanggan lama Anda dengan mengacu pada website Anda tersebut.

Identitas
Anda dapat membangun bisnis Anda dengan mengacu pada nama website Anda. Anda bisa mengatasnamakan website Anda sebagai bisnis Anda. Sebuah nama website lebih mudah disosialisasikan dibandingkan hanya sebuah akun pada sebuah media.

Walaupun pada beberapa media penjualan, seperti: olx, kaskus, tokopedia, elevenia, facebook dan lain-lain Anda bisa memperkenalkan username atau nama toko Anda, namun hal ini membuat username atau nama toko Anda menjadi susah untuk diingat. Anda dapat membuat nama toko atau username yang sama di berbagai media namun ada kemungkinan nama toko atau username yang Anda inginkan telah digunakan oleh pihak lain.

Jangka Panjang
Media yang sedang Anda gunakan untuk berjualan mungkin saja umurnya tidak panjang. Kini telah ada beberapa media sosial dan marketplace yang telah berhenti beroperasi karena pengunjung dan pemakai semakin sedikit sehingga mereka tidak mampu lagi membiayai operational mereka.

Bila Anda mengandalkan media tertentu untuk berjualan dan ternyata media tersebut memberhentikan layanan, bisnis Anda akan mengalami hambatan pada saat itu. Pada saat demikian, Anda harus mengandalkan website untuk menghubungi kembali semua pelanggan terdahulu dan mereka tetap dapat melakukan transaksi melalui website Anda.

Resmi
Pada saat Anda berpromosi melalui website lain atau berjualan menggunakan media sosial atau media penjualan, Anda dapat memberikan nama website Anda sebagai referensi. Pelanggan akan mempunyai kesan resmi terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan. Kehadiran website sebagai referensi juga akan meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi karena hal ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen.

Berkelas
Website perperan sebagai media informasi untuk suatu bisnis. Pelanggan pada umumnya akan mencari informasi selengkap mungkin di dalam website Anda sebelum memutuskan untuk membeli. Menampilkan informasi terhadap produk atau layanan Anda dengan baik dapat membuat produk Anda tampil lebih istimewa dan berkelas.

Transaksi langsung
Pelanggan yang memiliki pengalaman baik terhadap produk atau layanan Anda akan berkemungkinan mengunjungi website Anda secara langsung untuk melakukan transaksi langsung. Hal ini akan lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan mengunjungi website media sosial atau marketplace untuk mencari toko online Anda di sana.

Bila Anda ingin merencanakan bisnis jangka panjang, lebih baik Anda memiliki sebuah website karena potensi dari sebuah website lebih dari bayangan Anda. Setelah Anda memiliki website, segera sosialisasikan website Anda kepada pelanggan Anda. Hal ini akan memudahkan bisnis Anda di masa yang akan datang.