Biasanya orang tua akan menyarankan kita untuk mandi bila kita terkena air hujan. Hal ini ternyata bukan hanya suatu kebiasaan turun temurun. Kebiasaan ini ternyata mempunyai alasan tersendiri. Banyak penelitian yang telah dilakukan dan membuktikan bahwa kita harus mandi setelah terkena air hujan. Mau tahu sebabnya? Ini dia alasan harus mandi setelah terkena air hujan.

Alasan harus mandi setelah terkena air hujan

Banyak orang menjadi sakit karena terkena air hujan. Air hujan bisa saja membawa berbagai penyakit, seperti: demam, sakit kepala, rematik, batuk, pilek, flu, gatal-gatal, kulit pecah-pecah hingga penyakit lain. Ternyata air hujan mempunyai banyak pengaruh buruk terhadap kesehatan, ini sebabnya:

Air hujan membuat suhu badan menjadi tidak merata

Daerah tubuh yang lebih sering terkena air hujan akan menjadi lebih rendah suhunya dibandingkan daerah yang tidak terlalu banyak terkena air hujan. Hal demikian membuat suhu badan di badan kita menjadi tidak merata. Suhu tubuh yang rendah akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Daerah tubuh yang tetap hangat akan memiliki pembuluh darah yang lebih lebar dibandingkan daerah tubuh yang suhunya lebih rendah. Perbedaan ukuran pembuluh darah di dalam tubuh akan menyebabkan perbedaan tekanan darah di setiap bagian pembuluh darah. Hal ini akan membuat kita mudah mengalami sakit kepala, encok, kram dan lain sebagainya. Mandi dapat menstabilkan suhu di seluruh tubuh dan tekanan darah menjadi stabil.

Air hujan menguras energi tubuh

Tubuh kita akan menghangatkan tubuh dengan sendirinya menggunakan energi dari makanan yang diserap. Air hujan yang membasahi tubuh secara terus menerus akan membuat suhu tubuh terus menurun walaupun sudah dihangatkan melalui energi di dalam tubuh. Tubuh akan bekerja keras untuk menghangatkan tubuh dan hal ini tentunya sangat menguras energi di dalam tubuh. Pada keadaan demikian, tubuh kita akan kehabisan energi untuk menghangatkan tubuh. Mandi dengan air hangat akan membantu tubuh menghemat energi tubuh. Tubuh menjadi tidak terbebani untuk menghangatkan tubuh kembali.

Suhu badan rendah dan imunitas tubuh menurun

Setelah terkena air hujan, suhu tubuh akan menurun. Energi tubuh akan habis terkuras oleh rendahnya suhu air hujan. Suhu badan akan menjadi rendah karena tubuh tidak mampu menghangatkan kembali. Pada saat suhu tubuh menjadi rendah, sistem imunitas tubuh menjadi menurun. Hal ini juga diperburuk keadaannya akibat tubuh kehabisan energi. Sistem imunitas tubuh semakin tidak terjaga dan tidak dapat dibangun kembali dengan keadaan tubuh yang lemah tanpa energi. Tubuh akan mudah terserang oleh penyakit pada saat imunitas tubuh menurun. Mandi akan membersihkan kuman penyakit. Mandi air hangat akan membantu tubuh mengalokasikan energi untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Air hujan membawa bahan kimia berbahaya

Air hujan pada daerah tertentu membawa bahan kimia berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif akan mendapatkan efek buruk yang lebih besar. Mereka mungkin mengalami gatal-gatal pada kulit, kulit menjadi kemerahan hingga terjadi iritasi. Mandi akan membersihkan bahan kimia yang menempel pada kulit.