Kini banyak marketplace yang mundul di Indonesia mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Lazada, MatahariMall dan masih banyak lagi. Semua penyelenggara marketplace bersaing menjadi yang terbaik untuk masyarakat dan mereka semua menawarkan layanan terbaik untuk konsumen. Hal ini tentunya membuat suatu kenyamanan untuk berbelanja online. Sebenarnya apa sih alasan berbelanja online melalui marketplace?

Alasan berbelanja online melalui marketplace

Marketplace tentunya menawarkan banyak kelebihan dibandingkan berbelanja online menggunakan media lain, seperti: media sosial, aplikasi chatting, forum, website tidak ternama dan lain sebagainya. Marketplace memang dirancang khusus dari awal sebagai tempat berjualan tidak seperti media lainnya.

Belanja di marketplace lebih aman

Penipuan online dari dulu hingga sekarang meresahkan masyarakat yang ingin berbelanja secara online. Hal ini akan membuat pihak konsumen menjadi khawatir tentang keamanan berbelanja. Kini marketplace hadir sebagai media jual beli dan bertindak sebagai media penengah untuk transaksi jual beli. Dalam hal ini, marketplace memberikan keamanan kepada konsumen.

Cara kerja marketplace: Pihak pembeli membeli sejumlah barang kepada pihak penjual. Pada saat membayar, pembeli menyetorkan sejumlah uang sesuai nilai transaksi ke rekening pihak marketplace. Pihak marketplace kemudian memberitahukan kepada penjual bahwa pembeli telah membayar transaksi yang dilakukan oleh pembeli. Penjual kemudian mengirimkan barang kepada pembeli sesuai dengan alamat yang dicantumkan oleh pembeli. Penjual akan menerima uang dari marketplace apabila barang telah sampai ke tangan pembeli. Bila barang ternyata tidak dikirimkan oleh penjual maka dana akan dikembalikan kepada pembeli. Bila produk yang diterima pembeli ternyata tidak sesuai dengan barang yang dibeli, marketplace akan menjadi pihak penengah untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Lebih mudah mencari informasi barang yang ingin kita beli

Penjual di marketplace banyak dan tentunya barang yang dijual di marketplace juga sangat banyak. Kita bisa mencari informasi mengenai suatu barang yang ingin kita beli dengan lebih mudah. Kita bisa mencari dan membandingkan beberapa jenis barang sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Hal ini akan lebih bijak karena kita bisa menentukan barang yang terbaik untuk kita beli.

Diskusi dan review dari pembeli lain menjadi informasi yang baik

Marketplace juga menyediakan kolom diskusi dan review untuk menunjang proses jual beli. Sebelum melakukan transaksi, kita dapat berdiskusi untuk menanyakan informasi produk kepada pihak pembeli. Kita juga bisa mendapatkan informasi dari hasil diskusi antara penjual dengan pembeli lainnya. Selain itu, pembeli juga berhak memberikan review produk kepada penjual setelah mereka membeli produk. Review sangat berguna untuk pembeli selanjutnya yang ingin membeli barang yang sama dari penjual terkait.

Kita bisa mendapatkan banyak informasi sebelum kita memutuskan untuk membeli barang.

Review dan statistik penjual memberikan keamanan pembeli

Selain review pada produk. Pembeli juga diberikan hak untuk memberikan review terhadap penjual. Statistik penjualan dan review dapat memberikan kita suatu informasi dan pandangan terhadap suatu penjual. Kita bisa menilai kualitas pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan melalui review dan statistik penjualan mereka.

Kita bisa mendapatkan barang sejenis yang lebih murah

Produk yang sama dapat dijual oleh berbagai penjual yang berbeda. Mereka menawarkan harga yang berbeda-beda. Kita sebagai konsumen yang bijak dapat membandingkan harga yang ditawarkan dengan mudah di marketplace. Kita pastinya akan memilih barang yang lebih murah. Namun, kita juga harus menilai keaslian barang melalui harga yang ditawarkan.

Melalui marketplace kita mudah menemukan penjual yang berlokasi dekat dengan kita

Salah satu hal yang perlu diingat pada saat berbelanja online adalah lokasi penjual. Walaupun harga barang yang dijual murah bila lokasi penjual jauh dengan lokasi tempat tinggal kita, maka kita harus membayar biaya pengiriman yang cukup mahal. Jadi marketplace memungkinkan kita untuk memilih penjual yang berdekatan dengan lokasi tempat tinggal kita agar biaya pengiriman barang lebih murah.