Kata laut mati memang membuat penasaran bahkan menyeramkan. Laut ini dinamakan laut mati karena ada alasannya. Laut ini mempunyai fenomena yang sangat ajaib dan menarik pengunjung dari seluruh dunia untuk berwisata di sana. Pemandangan yang tidak bisa disaksikan di daerah lain. Lantas ada Apa dengan Laut Mati?

Ada Apa dengan Laut Mati?

Laut mati terletak pada perbatasan antara Israel, West Bank dan Yordania. Laut ini berada di daerah yang beriklim panas dan mudah membuat air laut mati menguap.

Laut ini disebut laut mati karena bentuk geografi

Laut ini sebenarnya adalah danau yang sangat besar namun danau ini terlalu besar untuk disebut sebagai danau. Padangan kita tidak akan menjangkau keseluruhan danau. Laut mati tidak terhubung ke laut lain sehingga laut ini di sebut sebagai laut mati.

Salinitas air laut mati yang sangat tinggi

Laut ini dapat dikatakan laut paling asin di dunia ini. Salinitas air laut mati mencapai 10 kali lipat dibandingkan laut lain. Rata-rata air laut memiliki salinitas sebesar 35ppt sedangkan salinitas air laut mati berada di angka 337ppt. Angka ini menunjukkan air laut ini sangat asin.

Buat Anda yang ingin mencicipi asinnya air laut mati, caranya cukup mudah. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke laut mati untuk mencicipi rasa airnya. Caranya: campurkan 1 gelas air di wadah dan masukkan setengah gelas garam. Aduk rata hingga tidak tersisa butiran garam di dalam air. Silahkan cicipi asinnya air laut mati. Saya jamin Anda akan berteriak “Asinnn!!”

Laut ini tidak mempunyai makhluk hidup

Air laut ini memiliki tingkat keasinan yang luar biasa. Hal ini tidak memungkinkan makhluk hidup, seperti: ikan, udang, kepiting dan terumbu karang untuk hidup di dalam lingkungan itu. Tidak terdapat kehidupan yang berada di dalam laut mati. Hal ini adalah faktor utama penyebab laut tersebut disebut sebagai laut mati.

Laut mati berada di lebih dari 400m di bawah laut

Laut mati berada di bawah permukaan laut rata-rata di dunia. Hal ini bisa dibayangkan apabila air laut menembus dataran yang mengelilingi tempat ini, daerah ini akan terbanjiri setinggi 420m.

Laut ini terlihat banyak batuan es

Pemandangan di laut mati sangat berbeda dengan pemandangan di laut lain. Kita yang berwisata ke tempat ini akan sangat mudah menemukan batu yang tertutup oleh lapisan putih yang terlihat seperti salju. Daerah ini mempunyai iklim yang sangat panas sehingga tidak mungkin terjadi salju. Ternyata, lapisan putih yang terlihat seperti salju adalah endapan garam yang mengeras di atas batu.

Di tepi pantai laut ini sangat mudah menemukan garam

Tidak seperti di pantai lain, di pantai laut mati kita sangat mudah menemukan butiran garam yang terhampar di sepanjang pantai yang mengelilingi laut mati. Butiran garam kasar tampak seperti kristal bercampur dengan pasir.

Laut ini tidak membuat orang tenggelam

Salah satu hal yang membuat turis ingin mengunjungi tempat ini adalah berenang. Kita bisa berenang di sana tanpa khawatir akan tenggelam. Di pantai ini, kita akan sangat mudah terapung karena massa jenis air yang lebih tinggi dibandingkan massa jenis manusia. Tidak mengherankan bila kita sering melihat hal-hal aneh yang dilakukan oleh turis, seperti; membaca buku sambil berenang, membawa payung sambil berjemur, selfie di tengah laut dan lain sebagainya.

Laut ini memiliki kekayaan alam yang di cari oleh wisatawan

Laut ini memiliki endapan lumpur yang dipercaya dapat dan memberikan beberapa efek positif terhadap kesehatan dan kulit. Walaupun belum ada pembuktian ilmiah mengenai kandungan pada lumpur laut mati, lumpur laut mati pernah digunakan sebagai percobaan dalam beberapa percobaan kesehatan. Hasil percobaan menyatakan bahwa penggunaan lumpur laut mati dapat mengobati nyeri otot, rematik dan penyakit kulit. Banyak orang mengakui setelah mengaplikasikan lumpur laut mati, mereka merasakan kulit mereka menjadi lebih halus. Beberapa terapi juga menggunakan lumpur laut mati untuk memberikan ketenangan batin kepada pasien.

Lumpur alami laut mati menjadi salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung ke laut mati. Tidak heran, mereka yang berkunjung ke laut mati akan mengoleskan seluruh badan menggunakan lumpur yang mereka dapatkan dari laut mati.

Laut Mati Siapa Yang Bunuh?

Tentunya laut mati tidak ada yang bisa membunuhnya namun yang bisa “membunuh” atau membuatnya menjadi demikian adalah Tuhan yang maha kuasa. Tuhan yang mampu menciptakan danau yang bentuknya sedemikian rupa, Tuhan yang memberikan semua kandungan garam mineral dan Tuhan juga yang memberinya air. Laut mati tidak dibunuh tapi diciptakan.