Perkembangan teknologi yang semakin maju memancing lahirnya banyak website yang akhirnya semua saling bersaing. Namun demikian tetap ada cara untuk menaikkan trafik alias memperbanyak pengunjung ke dalam website kita. Trafik sangat penting untuk setiap website karena trafik membuat website kita bernilai.

Paling mudahnya, kita anggap saja sebuah toko online bila tidak ada pengunjung maka tidak akan terjadi penjualan. Tidak semua pengunjung akan melakukan transaksi di dalam website kita tapi paling tidaknya mereka mengenal website kita. Mereka mungkin saja memberitahu temannya yang lain tentang produk atau jasa yang dijual di dalam toko kita kepada rekannya. Mereka bisa saja bookmark atau mencatat alamat website kita apabila dirasakan produk atau jasa yang kita tawarkan menarik perhatiannya.

Alasan di atas menjelaskan mengapa trafik sangat penting untuk sebuah website. Anda dapat meningkatkan trafik menggunakan cara-cara berikut ini:

a. Banner
Banner merupakan salah satu bentuk iklan dengan menggunakan gambar, tulisan, animasi ataupun gabungannya. Banner dapat dipasang pada website lain untuk mempromosikan website kita. Banner dapat dipasangkan pada website milik rekan kita secara gratis ataupun pada website lain dengan membayar sejumlah tarif yang ditentukan.

b. Iklan Baris
Promosi menggunakan iklan baris tentunya pasti berbayar namun cukup efektif karena akan selalu ada orang yang mencari informasi secara khusus melalui iklan baris di media cetak. Tidak hanya media cetak yang menawarkan iklan baris, ada beberapa website berita populer juga menawarkan layanan iklan baris. Iklan baris online akan ditayangkan pada suatu periode tertentu pada sisi website di tempat kita pasang.

c. Iklan PPC (pay per click)
Mirip dengan banner dan iklan baris, namun iklan PPC ini lebih meluas karena iklan kita dalam bentuk tulisan atau gambar akan disebarkan ke website lain untuk ditayangkan. Kita harus memasangkan iklan pada perusahaan periklanan dan kemudian iklan kita akan disebarkan. Namun Anda perlu menyesuaikan budget Anda, karena iklan PPC akan menyedot dana deposit Anda. Deposit akan terus dipotong seiring dengan adanya iklan Anda yang diklik oleh pengunjung. Anda dapat memilih untuk memasang iklan pada perusahaan PPC lokal ataupun PPC internasional tergantung target pengunjung yang Anda harapkan.

d. Blog
Membuat sebuah blog yang berisi dengan artikel-artikel yang berguna dan di sana Anda dapat memasang iklan Anda sendiri untuk menarik pengunjung website Anda. Pengunjung akan dapat melihat iklan Anda di sana, bila pengunjung tertarik dengan produk atau jasa Anda tentunya mereka akan klik iklan tersebut dan mereka akan di antar ke dalam website Anda.

e. Social Media
Sosial media merupakan media periklanan yang baik. Promosi dapat dilakukan melalui media ini namun demikian ada baiknya kita membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Melalui media ini diharapkan terbentuk sebuah komunitas yang tepat sehingga kita dapat menawarkan produk/jasa kita. Kini telah hadir berbagai media sosial yang terkenal di antaranya facebook, twiter, instagram, linkedin dan media sosial lainnya yang tidak tersebut di sini.

f. Forum Online
Forum adalah sarana komunikasi untuk sebuah komunitas sama halnya seperti social network yang sedang ramai di dunia maya. Bergabunglah di forum yang membahas tentang topik yang berkaitan dengan produk dan jasa yang kita tawarkan. Cara terbaik untuk berpromosi di forum adalah dengan menempatkan diri kita sebagai seorang yang ahli dalam bidang usaha kita geluti seperti membuat postingan yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan member lainnya. Selanjutnya kita dapat menyisipkan atau menawarkan kunjungkan ke dalam website kita.

Kesimpulannya adalah dalam meningkatkan trafik website tidak lepas dari kegiatan promosi, tanpa promosi trafik menuju website Kita akan susah naik. Trafik yang tinggi akan dipastikan transaksi melalui website Anda juga akan naik berbanding lurus. Sampai di sini pembahasan ini, Semoga sukses.